SOLOPOS.COM - Ilustrasi batu akik (Pinterest)

Solopos.com, SOLO – Bisnis batu akik di Indonesia tidak pernah sepi peminat. Meski tak sepopuler dulu, masih ada beberapa kolektor yang giat mencari batu akik berkualitas. Tak hanya pria, ada pula wanita yang menjadikan batu akik sebagai aksesori.

Tapi, membedakan batu akik berkualitas dengan yang palsu tidaklah mudah. Kebanyakan orang tertipu saat membeli batu akik dengan harga fantastis. Biasanya, oknum penjual nakal itu bakal memberikan keterangan palsu saat bertransaksi batu akik.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Oknum penjual itu bakal menyebut nama sebuah batu akik dengan berbagai kelebihannya. Padahal, belum tentu batu yang hendak dibeli memiliki kriteria seperti keterangan si penjual. Jadi, sebagai konsumen Anda harus lebih cerdas dalam memilih batu akik.

Bagi yang hobi mengoleksi, ada tiga panduan dasar dalam memilih batu akik berkualitas. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Jumat (10/8/2018):

Color (warba)

Pastikan batu akik memiliki warna yang menarik. Semakin tajam warnanya, maka kualitasnya semakin baik. Seperti batu zamrud asli yang berwarna hijau terang hingga gelap. Warna batu mulia ini dihasilkan dari mineral di dalamnya.

Clarity (kejernihan)

Pilih batu akik dengan warna jernis yang tembus cahaya dan bertekstur mengilap seperti kristal. Batu akik asli memiliki pola alami yang indah. Jadi, tidak akan ada batu akik yang mulus sempurna.

Cut (potongan)

Perhatikan potongan batu akik dengan detail. Pilih batu akik yang bentuk potongannya simetris. Beberapa batu memiliki pakem bentuk tersendiri, seperti batu bacan yang cenderung memiliki model potongan oval.

Perhatikan pula berat batu yang dipilih. Masing-masing batu memiliki berat yang berbeda sesuai jenisnya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli batu akik. Bagi yang ingin tahu lebih lengkap tentang batu akik bisa berkunjung ke kumpulan toko online terpercaya, Tokopedia. Ada beragam jenis batu akik yang bisa Anda pilih.

Cek harga dan jenis batu akik, #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya