SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Influenza atau biasa dikenal sebagai flu adalah penyakit yang sering menjangkiti balita. Penyebab dari influenza adalah virus dari kelompok RNA (asam ribonukleat). Influenza sangat mudah menular karena itu pisahkan anak yang sedang terinfeksi influenza dari anak-anak yang lain.

Dr. Hj. Muriana. Sp.A dalam program beranda kesehatan menyatakan Ciri khas yang tampak dari penyakit ini berupa gejala gangguan keadaan umum dan gangguan pernafasan yang timbulnya mendadak seperti panas,nyeri otot, sakit kepala, rasa lemas yang luar biasa, batuk yang tidak produktif, nyeri tenggorokan dan pilek. Pada anak-anak dapat menyebabkan otitis media, nausea dan muntah-muntah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada sebagian besar orang, penyakit influenza akan sembuh sendiri akan tetapi batuk dan kelemahan umum dapat menetap sampai lebih dari dua minggu. Bagi sebagian orang yang sebelumnya sudah memiliki gangguan paru dan jantung, influenza dapat menimbulkan penyakit radang paru-paru sekunder. Sedangkan pada anak-anak, penyakit ini dapat menimbulkan panas tinggi sehingga menyerupai sepsis dan 20 persen dari anak-anak yang dirawat inap mengalami kejang demam.

Muriana lebih lanjut menghimbau masyarakat tidak menyepelekan pilek. Pilek biasanya dapat menyebabkan infeksi pada anak akibat bakteri atau virus yang masuk ke gendang telinga. Menangis dan sulit tidur biasanya menjadi tanda kalau telinga anak sedang terinfeksi, terutama ketika mereka pilek.

Pemberian antibiotic pada balita influenza tidak dapat menyembuhkan karena antibiotic tidak dapat membunuh virus. Jika daya tahan tubuh bagus, influenza akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu.Selain itu, untuk mempercepat penyembuhan anak dianjurkan minum banyak air, tidur cukup, dan melakukan aktivitas fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya