SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA – Jangan sepelekan cedera di tangan. Karena selain memegang peranan penting, tangan akan memengarugi aktivitas organ lain.

Jaringan organ tangan sesungguhnya sangat kompleks dan lebih ruwet dibanding organ lainnya. Karena itu, jangan sekali pun Anda menganggap ringan cedera yang terjadi pada organ satu ini.

Promosi Lewat BRInita, Kampung Hijau Kemuning Tangerang Sulap Lahan Jadi Produktif

Betapa pun setiap gangguan pada tangan, akan berpengaruh besar terhadap aktivitas sehari-hari.

Ekspedisi Mudik 2024

“Berbagai gerakan tangan merupakan hasil koordinasi dari sistem otot dan tulang yang rumit. Bagian pergelangan tangan, misalnya, ditopang oleh tulang-tulang kecil yang sistemik pergerakannya,” kata Lukman Shebubakar, dokter bedah ortopedi spesialis hand surgery, Kamis (7/2/2013).

Dalam acara Health Talk bertema Hand Trauma yang diadakan RS Premier Bintaro, Dokter Lukman mengatakan terkait kasus cedera, selama ini kejadian patah tulang di bagian tangan seringkali dianggap sepele oleh penderitanya.

“Kebanyakan masyarakat Indonesia masih lebih mempercayai dukun patah tulang, dibandingkan dengan dokter ortopedi. Hal inilah yang salah. Sebab, dukun patah tulang tidak paham kontur tulang, dan tindakan yang dilakukan justru nantinya dapat membahayakan pasien,” ungkap Lukman yang bertugas di departemen ortopedi rumah sakit ini.

Dia menuturkan, penanganan cedera pada tangan intinya memiliki tahapan yang sama dengan cedera pada organ lainnya.

Setelah operasi, katanya, pasien dianjurkan untuk mengikuti terapi fisik yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi tangan seperti semula.

Lukman memaparkan bagi penggemar olahraga ekstrem, bela diri, karyawan pabrik, serta pekerja yang keras terlibat dengan perangkat keras, sebaiknya melindungi tangan semaksimal mungkin. Itu diperlukan untuk menghindari cidera yang lebih serius.

“Untuk yang berusia 45 tahun ke atas dan memiliki kerapuhan pada tulang, juga harus lebih berhati-hati karena lebih rentan cidera. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi vitamin, suplemen, dan makanan sehat,” tambahnya. (Kabar24/sae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya