SOLOPOS.COM - Ilustrasi menggunakan pelembap untuk kulit kering. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Kondisi kulit kering ternyata bisa membahayakan terutama dari segi penampilan mulai dari memicu penuaan dini hingga menyebabkan tubuh rentan terhadap suatu penyakit. Jadi jangan sepelekan kulit kering ya.

Kulit kering, seperti dikutip dari pemberitaan Solopos.com sebelumnya, bisa terjadi karena beberapa sebab. Di antaranya kurang minum air, terlalu lama berada di ruangan ber-AC, pori-pori tersumbat, mandi air panas, hingga pengelupasan kulit.

Sedangkan ciri-ciri kulit kering yakni warnanya terlihat kusam, tidak bercahaya, terasa kasar dan apabila digaruk akan muncul garis putih seperti sisik, jika parah kulit menjadi pecah-pecah.

Baca juga: Begini Loh Pola Tidur Sehat dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Berikut bahaya memiliki kulit kering seperti dikutip dari laman rs-jih.co.id, Jumat (19/11/2021):

– Penampakan akan menjadi terkesan lebih tua karena garis-garis kulit menjadi lebih kentara.
– Kulit kering menyebabkan penampilan kurang menarik karena kulit terlihat kasar dan kusam.
– Kulit kering dapat menyebabkan rasa gatal karena kulit kering mencetuskan peradangan pada kulit dan menimbulkan rasa gatal dan akhirnya menimbulkan kerusakan pada kulit akibat garukan.
– Kulit kering bersifat rapuh dan mudah lecet.
– Kulit kering lebih rentan terhadap kuman dan penyebab penyakit lainnya.
– Kemampuan perlindungan kulit menurun sehingga kulit menjadi lebih rentan dan sensitif terhadap zat penyebab alergi dan iritasi yang terdapat pada bahan kosmetik atau skin care yang digunakan sehari-hari.

Baca juga: Cegah Sejak Dini, Vaksinasi MR Lindungi Anak dari Campak & Rubella

Lalu bagaimana cara “menyelamatkan” kulit dari kondisi kernig? Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin RS JIH Solo dr. Triasari Octraviana M.Sc., Sp.KK, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari kulit kering.

“Cara menghindari kulit kering yaitu salah satunya dengan cara rajin menggunakan pelembap. Selain itu, istirahat yang cukup, tidur cukup, dan olahraga ringan dapat untuk menjaga metabolisme tubuh tetap terjaga,” ungkap Triasari seperti tertulis di rs-jih.co.id.

Rekomendasi
Berita Lainnya