Kategori: Leisure

Jangan Sembarangan, Berikut 7 Tips Makan Malam Sehat Saat Sedang Diet


Solopos.com/Ratih Nisa Intana

Solopos.com, SOLO-- Banyak orang selalu berkeinginan untuk makan makanan yang sehat. Namun, tak sedikit orang hanya mau menyantap makanan yang menenangkan dan makanan manis. Bahkan, ada orang yang makan berlebihan atau menikmati makanan yang tidak sehat saat makan malam, yang menghambat rencana penurunan berat badan.

Untuk tetap berada di jalur yang tepat, ada beberapa tips makan malam sederhana. Melansir dari Liputan6.com dan sumber lain belum lama ini, berikut tips membuat makan malam kalian tetap sehat dan menjaga berat badan.

Kasus Covid-19 Di Salatiga Meledak Lagi, Angka 1.000 Tembus

Gunakan piring makan lebih kecil

Demi menurunkan berat badan secara efektif dalam jangka waktu tertentu, penting untuk makan kalori dalam jumlah terbatas. Piring besar membuat kalian lebih banyak makan dan menyantap lebih banyak kalori. Untuk itu, selalu pilih piring ukuran kecil dan isi dengan makanan sehat dan bergizi.

Hati-hati dengan minyak

Kesalahan umum yang dilakukan banyak orang saat memasak adalah mengabaikan kandungan kalori pada minyak goreng. Jika banyak orang, termasuk kalian dengan murah hati menuangkan minyak ke dalam penggorengan, itu akan berbahaya bagi rencana penurunan berat badan. Meskipun menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau ghee, jumlah lemak dalam makan malam kalian tetap harus minimal.

Makan camilan

Makan berlebihan di malam hari, juga bisa diakibatkan oleh jarak waktu antara makan malam dan makan siang. Istirahat panjang membuat kalian lapar dan tidak bisa mengendalikan diri dari makan berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini, makanlah camilan di siang hari dan membuat kalian kenyang sampai waktu makan malam.

Minum air sebelum makan

Cairan tidak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, tetapi juga menciptakan sensasi kenyang dan membantu makan lebih sedikit. Ini juga memudahkan otak untuk mengenali rasa kenyang dan berhenti makan. Sehingga, minumlah satu gelas besar air 30 menit sebelum waktu makan kalian.

Makan Kentang

Studi menunjukkan bahwa kentang memiliki tingkat rasa kenyang tertinggi dibandingkan dengan karbohidrat lain. Itu bisa membuat kalian merasa tiga kali lebih kenyang dari sepotong roti putih. Kentang tidak membuat berat badan naik. Sebab, kentang kaya serat dan karbohidrat berkualitas baik. Kalian juga hanya perlu mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Makan di meja makan

Gangguan pada waktu makan dapat membuat kalian kehilangan jejak rasa lapar dan makan berlebihan. Itu sebabnya disarankan untuk tidak makan di depan televisi. Mempraktikkan pola makan dengan sadar dapat membantu mengelola asupan kalori dan menurunkan berat badan lebih cepat.

Liburan di Rumah dengan Wisata Virtual, Kenapa Tidak?

Makan malam lebih awal

Tidur segera setelah makan malam dapat menghambat kemajuan penurunan berat badan. Oleh karena itu, makan malam dua jam sebelum tidur dan makanlah sebelum jam tujuh malam, jika kalian memang berniat menurunkan berat badan.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati