Jangan Salah Pilih, Ini Teknologi Layar Laptop Terbaik Buat Pecinta Film

Laptop untuk para pecinta film harus dilengkapi dengan layar berkualitas tinggi untuk pengalaman menonton maksimal.

 Ilustrasi menonton film. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menonton film. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Transformasi digital telah membuat hiburan kini semakin bisa dinikmati oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Sebagai contoh adalah kegiatan menonton film.

Sebelum hadirnya berbagai layanan streaming online, menonton ke bioskop merupakan satu-satunya cara untuk menikmati film terkini.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Melalui layanan streaming online, semua orang kini bisa menikmati berbagai film berkualitas tinggi melalui perangkat digital seperti laptop. Bahkan saat ini semakin banyak laptop yang digunakan untuk menikmati hiburan digital seperti menonton film secara online.

Laptop modern memiliki keunggulan tersendiri untuk digunakan sebagai “bioskop portabel”. Selain rata-rata ukuran dan bentuknya sudah sangat ringkas dan mudah untuk dibawa bepergian, laptop modern juga memiliki ukuran layar yang lebih besar sehingga menonton film bisa semakin menyenangkan.

Sayangnya, tidak semua laptop dibekali dengan layar yang memberikan kenyamanan saat menonton film. Hal tersebut dikarenakan masih banyak laptop yang dirancang hanya untuk bekerja dan laptop tersebut tentu tidak akan bsia menampilkan sajian film dengan optimal.

Bagi Anda pecinta film yang ingin atau sedang memilih laptop, berikut lima aspek layar yang wajib diperhatikan jika ingin memaksimalkan pengalaman menonton film.

Layar Harus Punya Tingkat Reproduksi Warna yang Tinggi

Tingkat reproduksi warna atau color gamut pada layar laptop merupakan faktor paling penting yang harus diperhatikan bagi para pecinta film.

Baca Juga: Laptop Asus ExpertBook B7 Flip Koneksi 5G, Sasar Profesional Indonesia

Color gamut pada layar laptop dapat memperlihatkan seberapa banyak warna yang bisa ditampilkan di layar tersebut. Semakin banyak warna yang bisa ditampilkan, maka film akan terlihat lebih jelas dan immersive. Apalagi, warna sangat berpengaruh dengan mood serta detail di dalam film.

Asus OLED
Teknologi layar laptop

Saat ini ada banyak sekali jenis color gamut, seperti sRGB dan DCI-P3 yang banyak digunakan di sebuah laptop. Khusus untuk para pecinta film, laptop dengan layar yang memiliki color gamut 100% DCI-P3 merupakan yang paling direkomendasikan.

Selain memiliki tingkat reproduksi warna yang lebih banyak dari sRGB (100% DCI-P3 setara dengan 133% sRGB), DCI-P3 merupakan standar color gamut yang digunakan oleh industri film.

Dengan demikian, tampilan film di layar laptop dengan color gamut 100% DCI-P3 akan sesuai dengan yang diinginkan oleh sutradara filmnya.

Warna Juga Harus Akurat

Tidak sekadar mampu menghadirkan warna yang kaya, layar laptop khusus untuk menikmati sajian film serta video juga harus mampu menampilkan warna dengan akurat. Tampilan warna yang tidak akurat bisa merusak berbagai detail visual yang ada di dalam sebuah film.

Anda juga tidak akan bisa menikmati film sesuai dengan yang diinginkan oleh para pembuatnya jika menggunakan laptop dengan layar yang tidak akurat.

Salah satu cara untuk memastikan sebuah laptop menggunakan layar dengan tingkat akurasi warna terbaik adalah memastikan laptop yang dipilih telah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display.

Sertfikasi tersebut memastikan layar laptop telah melalui proses kalibrasi warna di pabrik secara akurat berdasarkan standar Pantone yang telah banyak digunakan di berbagai industri.

Fitur HDR Wajib Ada

HDR atau high dynamic range merupakan fitur yang memungkinkan film atau video dapat ditampilkan dengan kontras warna yang tinggi sehingga penontonnya dapat menikmati kualitas visual mirip seperti di lokasi sebenarnya.

Salah satu keunggulan HDR adalah menampilkan warna hitam sempurna dan hal tersebut tidak bisa dihadirkan di layar laptop biasa.

Penggunaan panel OLED merupakan salah satu cara untuk menampilkan warna hitam sempurna. Berbeda dengan panel IPS atau TN yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, OLED tidak memiliki lapisan backlight.

Baca Juga: ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300), Laptop Sekaligus Tablet Kekinian

Setiap pixel di layar merupakan lampu LED berukuran sangat kecil yang dapat dinyalakan dan dimatikan sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebutlah yang membuat OLED dapat menampilkan warna hitam yang sempurna dengan kontras warna tinggi sesuai dengan spesifikasi fitur HDR.

Jangan lupa juga untuk memastikan layar laptop yang dipilih sudah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black untuk mendapatkan pengalaman sinematik terbaik.

Response Time Lebih Cepat Lebih Baik

Salah satu spesifikasi layar yang seringkali diabaikan adalah response time, yaitu seberapa cepat layar dapat menampilkan frame tampilan berikutnya. Response time yang lebih kencang memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi.

Dengan demikian, Anda tidak akan lagi melewatkan berbagai detail dari film action serta tidak lagi kesulitan untuk membaca teks berjalan. Sebaiknya juga memilih laptop dengan layar yang memiliki response time kurang dari 1ms.

Pilih Juga Layar Laptop yang Bisa Menjaga Kesehatan

Menonton film di layar laptop dengan kualitas visual terbaik memang seru, namun hal tersebut bisa berdampak negatif pada kesehatan mata. Layar perangkat komputasi seperti laptop memancarkan radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada kesehatan mata.

Meski demikian, saat ini telah ada layar yang dapat mengurangi tingkat pancaran radiasi sinar biru sehingga lebih aman untuk kesehatan mata khususnya dalam jangka waktu panjang. Laptop dengan layar tersebut akan membuat Anda terbebas dari khawatir akan kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang.

Asus OLED
Teknologi Asus OLED.

Asus OLED Punya Semuanya

Jika Anda mencari layar laptop yang memiliki semua kualifikasi tersebut, Asus OLED adalah jawabannya. Teknologi layar laptop Asus tersebut memiliki semua aspek yang membuat Anda para pecinta film dapat menikmati kualitas visual terbaik sekaligus aman untuk kesehatan mata.

Baca Juga: Mirip Ponsel, Asus Juga Luncurkan Laptop Lipat Zenbook 17 Fold OLED

Laptop yang menggunakan layar Asus OLED dipastikan memiliki color gamut 100% DCI-P3, tersertifikasi Pantone Validated Display, serta mendukung fitur HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black.

Tidak hanya itu, layar Asus OLED juga memiliki response time hanya 0,2ms yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya, serta dilengkapi fitur EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland. Semua kualifikasi tersebut hadir dengan satu tujuan, yaitu memanjakan mata Anda.

Asus juga merupakan pemimpin pasar laptop dengan layar OLED dan diakui sebagai produsen laptop OLED nomor satu di Indonesia dan di dunia.

Asus juga merupakan satu-satunya brand laptop yang menghadirkan varian laptop dengan layar OLED terbanyak di Indonesia, serta satu-satunya brand laptop di Indonesia yang memiliki varian laptop berlayar OLED dengan harga di bawah Rp10 juta. Kini semua orang bisa menikmati hiburan digital dengan kualitas visual terbaik melalui laptop dengan teknologi layar Asus OLED.

Asus OLED merupakan bagian dari Asus Innovation, yaitu kumpulan inovasi teknologi terkini, terdepan, dan eksklusif untuk produk Asus.

Hadir di seluruh jajaran laptop Asus, Asus Innovation memastikan pengalaman penggunaan terbaik dari berbagai sisi mulai dari kenyamanan, peningkatan produktivitas, hingga menjaga kesehatan mata.

Klik tautan berikut untuk mempelajari Asus OLED: https://bit.ly/ASUSOLED0622

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Mau Buat Konten Video, Tak Hanya Visual Perhatikan Juga Kualitas Audio

      Tak hanya dari sisi visual saja yang diperhatikan saat membuat konten video, namun konten kreator juga memperhatikan kualitas audio.

      MSI Luncurkan Dua Laptop Gaming Performa Tinggi di Indonesia

      Memenuhi kebutuhan para gamer yang memerlukan laptop berperforma tinggi,MSI menghadrikan dua model laptop gaming terbaru.

      BMKG: Perubahan Iklim di Indonesia Berada Pada Kondisi Kritis

      Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan perubahan iklim di Indonesia pada batas kondisi kritis.

      Kini Hapus Pesan di Aplikasi WhatsApp Butuh Waktu Dua Hari

      Kini menghapus pesan di aplikasi WhatsApp butuh dua hari. Jadi pikirkan dulu apa yang hendak Anda tulis atau hendak share

      Spesifikasi dan Harga HP Realme 9i 5G yang Segera Dirilis

      Realme bakal merilis smartphone terbarunya yang mengandalkan jaringan 5G, yakni HP Realme 9i 5G.

      WhatsApp Kamu Diretas, Begini Cara Mengembalikannya

      Penjahat siber selalu berupaya mencari korban di semua plaftorm termasuk aplikasi WhatsApp. Jika WhatsApp kamu diretas, Berikut cara mengembalikannya.

      Cara Download Video di Twitter Mudah, Bisa Pakai Laman Atau Aplikasi

      Terkadang kita ingin menyimpan video di media sosial seperti Twitter, Anda bisa menggunakan cara download video di Twitter berikut ini.

      WhatsApp Rilis Fitur Reaksi Status Mirip di Instagram Tapi Terbatas

      Aplikasi WhatsApp meluncurkan fitur reaksi status mirip reaksi Story Instagram. Hanya ke beberapa pengguna.

      Ingin Buat Video Slide Foto di HP? Mudah Kok

      Anda dapat menggunakan aplikasi Videoshow dan ikuti cara membuat video slide foto di HP.

      Awas Internet Eror! Badai Matahari Hantam Bumi 7-8 Agustus 2022

      Badai Matahari diprediksi menghantam Bumi pada akhir pekan ini. Fenomena alam tersebut berpotensi mengganggu satelit telekomunikasi.

      Senjata Indonesia Saat Melawan Penjajah, Bambu Runcing Paling Dikenal

      Perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan selalu dikenang. Ternyata senjata Indonesia saat melawan penjajah beragam

      Rekomendasi AC 1/2 PK Low Watt, Tetap Bikin Adem Ruangan

      Air Conditioner (AC) solusi untuk membuat adem ruangan saat musim kemarau. Berikut rekomendasi AC 1/2 PK low watt.

      Galaxy A23 5G Smartphone Baru dari Samsung, Layarnya Lebih Lebar

      Galaxy A23 5G smartphone baru dari Samsung dikabarkan menggunakan chipset Snapdragon 695.

      Kabar Baik Buat Kreator Indonesia, Ada Fitur NFT di Instagram

      Para kreator boleh gembira, karena Instagram baru saja mengumumkan fitur NFT atau non fungible token sudah tersedia di Indonesia.

      Senjata Jepang di Perang Dunia II, dari Pistol Hingga Senapan Mesin

      Pistol type 26 merupakan pistol modern pertama dan merupakan salah satu senjata Jepang di Perang Dunia II.

      Sabar, Apple Tunda Pembaruan iPadOS 16 Karena Ini

      Pembaruan sistem baru iPadOS 16 ditunda sekitar satu bulah oleh Apple, padahal rencana berlangsung pada September 2022.