SOLOPOS.COM - Eco Indicator (Toyota.astra)

Solopos.com, JAKARTA-Eco Indicator dan Eco Mode pada kendaraan seolah-oleh sama. Namun tenyata keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Untuk diketahui, pada mobil-mobil low cost green car atau LCGC seperti Toyota New Agya, Toyota New Calya, Daihatsu New Ayla dan Daihatsu New Sigra pada bagian speedometer atau layar MID tersedia ikon Eco Indicator.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Sedangkan Eco Mode adalah akronim dari Economic Mode atau pilihan model berkendara yang ekonomis. Biasanya tersedia pada mobil-mobil bertransmisi otomatis dengan model SUV (Sport Utility Vehicle) atau MPV (Multi Purpose Vehicle).

Lalu, bagaimana memahami kedua hal tersebut? Apakah Eco Indicator sama dengan Eco Mode?

Membedakan Eco Indicator dan Eco Mode

Eco Indicator dan Eco Mode adalah hal yang berbeda. Agar lebih mudah dipahami, perbedaan dari keduanya dapat disederhanakan sebagai berikut, seperti dikutip dari Seva.id.

Eco Indicator adalah petunjuk bagi pengemudi mengenai kondisi mesin yang bekerja efisien, stabil dan irit BBM. Sedangkan Eco Mode adalah pilihan model berkendara untuk membuat kinerja mesin lebih ekonomis.

Artinya, Eco Indicator adalah petunjuk yang diberikan oleh mobil kepada pengemudi untuk menjaga performa mengemudi yang ideal. Sedangkan Eco Mode adalah pilihan cara mengemudi yang diperintahkan oleh pengendara kepada Electronic Control Unit atau ECU mobil.

Secara sederhana, cara beroperasi keduanya adalah sebagai berikut. Ketika pengemudi berkendara dengan menginjak pedal gas stabil maka lampu Eco Indicator menyala. Ini menandakan mesin bekerja efisien dan irit BBM.

Sedangkan cara menggunakan Eco Mode, pengemudi harus menekan tombol atau memutar kenop terlebih dahulu agar model berkendara ini menjadi aktif.

Setelah itu barulah ECU menyesuaikan kondisi mesin dengan mode berkendara ekonomis ini agar tercapai performa mesin yang efisien dan bertujuan irit BBM.

Dapat disimpulkan, Eco Indicator adalah instrumen petunjuk bagi pengemudi yang menerangkan performa mesin dan tenaga mobil stabil. Sedangkan Eco Mode adalah pilihan model berkendara yang lebih hemat bahan bakar atau efisien.

Kondisi ini membuat sensor ECU menyesuaikan performa mesin dengan menghitung sejumlah faktor sebagai langkah efisiensi.

Lalu apakah lampu indikator akan menyala ketika pilihan Eco Mode dijalankan pengemudi?

 

Lampu Eco Indicator

Sinyal Eco Indicator merupakan lampu petunjuk yang terintegrasi pada panel speedometer mobil atau sering juga disebut dengan MID (Multiple Indicator Display). Indikator ini akan menyala jika pedal gas ditekan secara lembut atau putaran mesin tidak terlalu tinggi.

Lampu Eco Indikator akan menyala tergantung dari bagaimana pengemudi berkendara, misalnya saat menginjak pedal gas terlalu dalam maka indikator tersebut tidak akan menyala.

Sehingga meskipun pengemudi sudah menyalakan model berkendara ekonomis namun tetap berkendara ugal-ugalan, menginjak pedal gas terlalu dalam, maka dipastikan lampu indikator akan mati.

Agar lampu ini menyala, maka pengemudi harus tahu cara menggunakan Eco Mode yang benar. Injaklah pedal gas secara lembut dan konstan, karena pada dasarnya keduanya bertujuan membuat gaya mengemudi dan kinerja mesin ekonomis.

Selalu waspada saat berkendara di jalanan, ikuti petunjuk rambu lalu lintas dan hormati hak sesama pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya