SOLOPOS.COM - Sejumlah warga di Kabupaten Karanganyar mengajukan permohonan program bantuan modal untuk pelaku usaha mikro dan ultra mikro ke kantor Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar, Rabu (19/8/2020).(Solopos.com-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR--Pendaftaran program bantuan modal (bansos) Rp2,4 juta bagi pelaku usaha mikro dan ultra mikro masih dibuka hingga September.

Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UKM Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Kabupaten Karanganyar, Adolfus Joce Bau, menyampaikan pendaftaran program bantuan modal usaha Rp2,4 juta dari Kementerian Koperasi dan UKM masih dibuka hingga September. Oce, sapaan akrabnya, menuturkan hal itu saat berbincang dengan wartawan di kompleks kantor Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar, Rabu (19/8/2020).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Khawatir Pendaftaran Bansos Tutup, Warga Karanganyar Nekat Berdesakan Demi Rp2,4 Juta

Oce mengaku kaget melihat warga berkerumun dan berdesakan di depan kantor Disdagnakerkop dan UKM pada Rabu. Padahal saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Akibatnya, petugas Satpol PP terpaksa menutup pintu gerbang dan membatasi akses warga masuk ke dalam area kantor. Warga yang masuk ke dalam area kantor juga wajib menjalani serangkaian protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan.

Hati-Hati! Malam 1 Sura, 576 Personel Gabungan Patroli Kerumunan

"Pendaftar membeludak karena masyarakat menduga hari ini [Rabu] terakhir pengajuan permohonan. Padahal, sesuai aturan kementerian, pendaftaran bantuan pelaku usaha mikro dan ultra mikro akan ditutup pekan kedua bulan September," ujar Oce saat berbincang dengan wartawan di kantor Disdagnakerkop dan UKM, Rabu.

Oce, sapaan akrabnya, menegaskan Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar membuat pendaftaran program bantuan modal bagi pelaku usaha mikro dan ultra mikro secara bertahap. Mereka membagi tahapan pendaftaran per pekan.

Bu Tejo Mendadak Trending di Twitter, Siapakah Dia?

 

Meningkat 3 Kali Lipat

Tahap satu dimulai Senin hingga Kamis (10-13/8/2020). Tahap dua pekan ini dimulai pada Selasa hingga Rabu (18-19/8/2020). Pekan ini Disdagnakerkop dan UKM hanya melayani dua hari karena libur hari besar nasional dan Tahun Baru Islam.

"Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar masih akan membuka pendaftaran tahap tiga pekan depan. Memang, untuk tahap dua ini hanya dua hari, Selasa dan Rabu. Senin tanggal merah dan besok [Kamis] itu libur. Tetapi pekan depan kami buka lagi pendaftarannya,” jelas dia.

Solo Ingin Buka Sekolah pada November, Ganjar Beri Lampu Hijau

Data yang dihimpun Solopos.com dari Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar, sebanyak 1.963 pelaku usaha mikro dan ultra mikro mendaftar program bantuan modal dari Kementerian Koperasi dan UKM itu pada tahap satu atau pekan lalu. Jumlah pendaftar meningkat hampir tiga kali lipat pada pendaftaran tahap dua pekan ini.

Total 4.983 pelaku usaha mikro dan ultra mikro mendaftar program tersebut pada tahap dua. Perinciannya adalah sebanyak 3.070 pelaku usaha mendaftar pada Senin dan sisanya pada Selasa hinga pukul 14.41 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya