Jangan Panik, Lakukan Hal ini Jika Ponsel Anda Jatuh ke Air
Jangan panik, ponsel masuk air masih bisa diselamatkan (ilustrasi/istimewa)

Solopos.com, SOLO – Handphone atau ponsel saat ini menjadi barang penting yang seolah wajib dibawa kemana pun kita pergi. Kita selalu berusaha untuk menjaganya dengan hati-hati. Namun,  bagaimana jika ponsel dalam genggaman kita tidak sengaja masuk ke kolam ataupun jatuh ke air?

Tentunya, kita akan panik dan khawatir. Tapi, jangan sedih atau terburu-buru beli ponsel baru. Simak cara berikut saat ponsel  masuk ke air seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/10/2020).

Hendak Nyalip Tronton, Ambulans Sasak Truk Di Jalan Solo-Purwodadi

Angkat handphone secepat mungkin

Jika handphone jatuh ke dalam air, segera ambil handphone dari dalam air sebelum air berhasil merembes masuk ke dalam handphone. Jika handphone terkena tumpahan air, segera jauhkan juga dari sumber air tersebut. Air dapat masuk dari celah-celah sempit seperti lubang jack atau charger.

Sebagai tambahan, apabila handphone terkena air dalam keadaan sedang di-charge, sebaiknya lepaskan dulu charger, baru ambil handphone tersebut. Sebab hal tersebut bisa membahayakan kalian, saat mengambil handphone karena mungkin bisa tersetrum.

Jangan nyalakan handphone

Jangan sesekali menyalakan handphone dalam keadaan basah sebab hal tersebut dapat menimbulkan arus pendek. Itu juga dapat merusak komponen yang ada di dalamnya dan parahnya bisa membuat handphone mati total.

Pelaku Pembakaran Truk Satpol PP Sukoharjo Ditangkap Polisi, 1 Buruh 1 Pelajar

Keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai

Setelah mematikan smartphone, keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai. Bila mengetahui cara membongkar smartphone, maka lebih baik jika melepas komponen lain. Langkah ini untuk menghindari air yang masuk makin lama berkubang di bagian dalam smartphone. Selain itu, lepaskan pula casing handphone yang terpasang untuk membantu mengeringkan handphone.

Keringkan smartphone

Selesai mengeluarkan beberapa komponen smartphone, kalian harus mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau kain kering untuk mengeringkat satu per satu komponen tersebut. Biarkan ponsel dalam keadaan benar-benar kering, kurang lebih selama tiga hari. Selama itu, tidak dianjurkan untuk langsung menyalakan smartphone dan tunggu sampai siap digunakan lagi.

Menguburnya ke dalam beras

Cara lain untuk mengeringkan handphone adalah menguburnya ke dalam beras. Beras bersifat kering dan mudah menyerap air, sehingga air yang ada di dalam handphone akan hilang dengan sendirinya. Caranya, ambil satu kantong plastik beras lalu letakan handphone, baterai, SIM card, memory card, dan komponen lainnya yang sudah dilepas ke dalam beras sehingga air-air yang masih tersisa di dalam handphone dapat diserap oleh butiran-butiran beras tersebut. Disarankan, juga kalian mengubur handphone sedikitnya 2-3 hari.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom