SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Menstruasi menimbulkan perubahan fisik dan emosi pada wanita. Salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan paling kentara adalah payudara. Apa saja? Simak ulasan yang dihimpun dari Pop Sugar, Senin (8/4/2019), berikut:

Bengkak

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Ukuran payudara wanita yang sedang menstruasi biasanya bertambah besar. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang merangsang kelenjar lemak payudara mengembang. Setelah menstruasi selesai, maka ukuran payudara bakal kembali normal.

Nyeri

Tubuh wanita yang sedang menstruasi bakal lebih sensitif, termasuk bagian payudara. Bukan hanya membengkak, payudara wanita yang sedang menstruasi terasa nyeri ketika disentuh. Tak perlu khawatir, hal ini sangat wajar terjadi karena perubahan hormon estrogen di dalam tubuh.

Estrogen menyebabkan jaringan payudara tegang dan keras. Kondisi ini biasa dialami wanita beberapa hari sebelum menstruasi. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena normal dialami setiap wanita. Namun, jika nyeri yang muncul berlebihan, segeralah periksakan ke dokter.

Kenyal

Permukaan payudara menjadi lebih lembut saat sedang menstruasi. Kondisi ini juga disebabkan perubahan hormon di dalam tubuh.

Itulah beberapa perubahan yang terjadi pada payudara saat sedang menstruasi. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Lakukan olahraga teratur, hindari makanan asin, serta kurangi asupan kafein. Anda juga bisa mengompres payudara dengan air hangat agar terasa lebih nyaman.

Perhatikan pula bra yang dikenakan. Pakai bra yang mampu menyangga payudara dengan baik. Jika rasa tak nyaman di payudara terus berlanjut, minumlah obat pereda nyeri. Perlu diingat, konsumsi obat tentu memiliki efek samping bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya