Ilustrasi rel. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda melihat mobil mogok di tengah perlintasan kereta api? Apakah Anda pernah mengalami situasi yang membuat panik seperti itu?

Orang yang mobilnya mogok di perlintasan kereta api biasanya akan sangat panik dan terus mencoba menyalakan mesin. Namun, upaya tersebut seringkali sia-sia. Sebab, mesin mobil biasanya sulit dinyalakan kembali jika mendadak mati di perlintasan kereta api. Hal itulah yang membuat banyak orang panik. Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan?

Seorang netizen membagikan kisah unik yang dialami saat mobilnya mogok di perlintasan kereta api. Kala itu, dia mencoba menyalakan mesin mobilnya kembali dengan cara menekan klakson. Bukan menstarter seperti yang dilakukan kebanyakan orang.

“Tadi pukul 07.00 WIB, saya berangkat kerja seperti biasa menuju ke arah Roxy melewati kolong jembatan yang baru dan juga rel perlintasan kereta api. Ketika mobil saya sedang pas di rel kereta api, tiba-tiba saja mesin mobil saya mati. Dan pas itu juga sayup-sayup terdengar bunyi tut tut tut tut,” terang si netizen yang kisahnya dibagikan ulang pengelola akun Instagram @_infocegatansolo, Rabu (23/10/2019).

Si netizen melihat kereta api yang akan melintas jaraknya masih jauh. Dia pun mencoba menyalakan mesin mobil kembali dengan cara menekan klakson. Dia pernah mendengar cara tersebut ampuh menyalakan mesin mobil kembali berdasarkn pengalaman paman dan bibinya.

“Saya teringat kejadian dua tahun lalu saat om dan tante saya terjebak di rel kereta api di Surabaya. Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan. Mereka panik dan refleks saja om saya tekan klakson mobil berkali-kali dan mencoba menstarter lagi. Eh, mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api benar-benar mendekat,” sambung dia.

Berdasarkan cerita tersebut, si netizen pun menjajal cara menstarter mobil mogok di rel dengan cara menekan klakson. Dan ternyata cara itu juga berhasil menyalakan kembali mesin mobilnya. Keajaiban tersebut membuatnya penasaran dan mencari tahu penjelasannya.

Rupanya, ada penjelasan ilmiah tentang mesin kendaraan yang bisa mati mendadak saat melintasi rel. ada juga penjelasan tentang cara menyalakan mesin kendaraan yang mati mendadak di rel.

Ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yang sangat tinggi akibat gesekan terus menerus. Medan magnet tersebut bisa tersimpan selama tiga jam. Bayangkan kalau kereta berlalu lalang setiap lima menit. Berapa medan magnet yang disimpan di rel itu? Hal itulah yang menyebabkan mesin kendaraan mati mendadak jika terlalu lama berada di rel.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten