SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO-Dapet nilai bagus ? Siapa sih yang nggak kepengen ? Tapi nilai bagus didapat nggak Cuma asal nyontek hlo.. Butuh usaha yang sungguh-sungguh dari Sobat Gaul , yakni dengan cara menerapkan belajar yang efektif. Apa sih belajar efektif itu ? Berikut pendapat Sobat Gaul kita , Endra Kurniawan.

Menurut siswa MAN 1 Solo ini, belajar yang efektif datang dari niat kita sendiri , bukan karena perintah dari orang tua. Belajar efektif bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yakni dengan membuat ringkasan materi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bagi Sobat Gaul kita ini , ringkasan merupakan cara yang tepat , karena doi menjadi lebih mudah dalam menghafal semua materi.

Doi yang sekarang duduk di kelas XI IPS 4 ini memilih belajar seusai salat Subuh. Menurutnya, waktu seperti itu sangat efektif, karena pikiran masih fresh , sehingga materi mudah sekali masuk.

“Daripada habis salat tidur lagi.. mending kan baca-baca buku, lebih bermanfaat.’’
Ada lagi belajar efektif  yang tak kalah menarik, yakni dengan belajar kelompok. Saat doi sulit memahami suatu materi, doi memutuskan untuk belajar sama teman-temannya.

Doi yang bertempat tinggal di Sidorejo , Banjarsari, Solo ini mengatakan belajar kelompok itu menyenangkan. Karena sesekali doi bisa bersenda gurau dengan teman-temannya.

“Jadinya kan nggak spaneng seperti saat belajar sendiri,’’ ungkapnya.

Nah , Sobat Gaul boleh-boleh saja belajar dengan cara yang berbeda. Tapi , satu hal yang harus diperhatikan , yakni niat. Belajar kog Cuma saat diperintah Ortu ?? Nggak banget deh !!

Achik-wasis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya