Kategori: Solo

Jangan Lupa Jaga Jarak! Ini Tips Sehat Naik KRL Solo - Jogja


Solopos.com/BC

Solopos.com, SOLO -- Di bawah ini ada tips sehat dan aman naik KRL atau Commuter Line Solo - Jogja selama pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, KRL Solo - Jogja baru saja dioperasikan secara penuh pada 10 Februari 2021 lalu.

Setelah dioperasikan secara penuh, pengguna KRL Solo - Jogja dari hari ke hari terus meningkat. Agar protokol kesehatan jaga jarak di KRL tetap terlaksana, KAI Commuter terus melakukan upaya antisipasi khususnya di jam-jam sibuk, yakni pagi dan sore hari serta waktu weekend.

Baca Juga: Jadi Prioritas, 5,8 Juta Guru Akan Divaksinasi Covid-19

Beberapa upaya yang dilakukan KAI Commuter adalah penambahan kereta dari empat menjadi delapan pada tiap rangkaian KRL hingga mengoperasikan kereta luar biasa untuk menambah jadwal pemberangkatan.

Selain upaya yang dilakukan KAI Commuter, pengguna KRL juga harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah agar aman dan nyaman selama berada di KRL.

Baca Juga: Diisukan Bangkrut, Segini Honor Pak Tarno Sekali Tampil

Berikut ini tips aman naik KRL Solo-Jogja selama pandemi Covid-19.

1. Pantau KRL Access

KRL Access (Istimewa).

Sebelum datang ke stasiun pemberangkatan, kamu bisa memantau kepadatan stasiun di aplikasi KRL Access yang bisa diakses oleh Android maupun Apple.

Di aplikasi tersebut tertera status kepadatan stasiun. Jika stasiun dalam kondisi ramai, alangkah baiknya untuk menunggu berangkat ke stasiun hingga kondisi sudah landai atau lengang. Atau bisa juga berangkat dari stasiun lain yang tidak ada kepadatan.

Baca Juga: Kabar Baik! BLT Subsidi Gaji dari Menaker Cair Lagi

Dengan menggunakan aplikasi KRL Access ini, kamu juga dapat memantau jadwal KRL, dan update informasi terkini mengenai kondisi perjalanan KRL.

2. Selalu Pakai Masker dan Dilarang Berbicara

Calon penumpang KRL mengenakan masker saat di stasiun (Istimewa).

Selama berada di stasiun maupun di dalam KRL, pengguna KRL diwajibkan untuk selalu menggunakan masker. Masker yang diizinkan adalah masker kain tiga lapis maupun masker kesehatan.

Selain itu, pengguna KRL juga dilarang makan, minum, maupun berbicara langsung atau tak langsung di dalam KRL. Hal ini untuk menghindari penularan Covid-19 di dalam kereta melalui droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung saat kita berbicara dan makan minum.

Baca Juga:  Beda Gudeg Solo dan Jogja, Ada yang Tahu?

3. Manfaatkan Fleksibilitas Kerja di Masa Pandemi, Gunakan KRL Saat Jam Lengang

KRL Solo - Jogja (Istimewa).

Tips aman naik KRL Solo - Jogja berikutnya adalah memperhatikan waktu padat atau tidaknya KRL. Biasanya, KRL akan padat di waktu-waktu sibuk, seperti jam berangkat dan pulang kantor.

Tak hanya itu, saat ini KRL Solo-Jogja juga cenderung padat di akhir pekan atau weekend.

Baca Juga: Ada 2 Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia, Apa Saja?

Untuk menghindari kepadatan tentu ada baiknya kita rencanakan perjalanan dengan bijak, dan manfaatkan fleksibilitas waktu bekerja yang ada di masa pandemi ini.

4. Jaga Jarak Sesuai Tanda Marka Jaga Jarak

KRL Jogja-Solo (istimewa)

Di stasiun maupun KRL sudah terdapat marka atau tanda untuk menjaga jarak. Duduk atau berdirilah sesuai dengan tanda yang ada di KRL maupun stasiun.

Selain itu, baik di stasiun maupun KRL juga terdapat petugas yang akan selalu mengingatkan maupun menegur penumpang jika tidak menjaga jarak.

Baca Juga:  Tetap Aman Menyusui Meski Ibu Positif Covid-19

Hal ini agar penumpang betul-betul menjaga jarak selama berada di stasiun maupun KRL.

5. Mencuci Tangan atau Menggunakan Hand Sanitizer

KRL Jogja-Solo berhenti di Stasiun Solo Balapan pada hari pertama pengoperasian, Rabu (10/2/2021). (Solopos/Farida Tristaningtyas)

Tips aman naik KRL Solo - Jogja terakhir adalah selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setiap turun maupun naik kereta.

Baca Juga: Duh Sugar Daddy Indonesia Terbanyak Kedua di Asia, Segini Jumlahnya

 

Share
Dipublikasikan oleh
Nugroho Meidinata