SOLOPOS.COM - Agar tak jadi sarang kuman, benda-benda di rumah harus sering dibersihkan. (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO – Makin luasnya persebaran virus corona membuat masyarakat semakin memperhatikan kesehatan dan kebersihan tubuh, salah satunya dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker.

Namun, agar terhindar dari kuman, bakteri dan virus, kedua hal tersebut tidak cukup, kitas juga perlu rajin membersihkan barang dan peralatan yang sehari-hari digunakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banyak barang yang digunakan sehari-hari memang terlihat bersih, namun sebenarnya penuh dengan berbagai macam kuman, bakteri dan virus. Semakin besar ukuran sebuah barang atau benda, jumlah kuman bisa jadi ikut meningkat. Tapi ingat, jangan hanya fokus pada barang-barang yang berukuran besar saja dan menyepelekan yang kecil-kecil.

Barang-barang kecil yang digunakan setiap hari justru menjadi tempat bersarangnya para kuman dan bakteri. Seperti yang dilansir dari Liputan6.com belum lama ini, berikut benda kecil yang kerap digunakan dan disentuh namun sering tidak dibersihkan.

Optimistis Di Era Pandemi, Perbankan Manfaatkan Layanan Digital

Gelas

Perlengkapan makan yang kerap digunakan berkali-kali dalam sehari seperti gelas memang rentan terhadap kuman. Sebab,kebanyakan orang menggunakan gelas yang ada di rumah untuk beberapa kali minum sebelum dicuci. Sebagian orang memakai penutup gelas, sebagian juga tidak. Tanpa kalian sadari, ada kuman dan bakteri yang menempel di sekitar gelas, khusus pada pegangannya.

Remote

Remote TV, remote AC, dan masih banyak lagi remote di rumah yang sering dipegang bahkan sebelum kalian cuci tangan. Remote-remote itu, tentunya sering tidak dibersihkan dan sudah tentu menjadi sarang kuman dan bakteri. Terlebih lagi, jika banyak tangan yang memakai remote tersebut.

Alat make up

Tak hanya peralatan kamar mandi yang perlu dijaga kebersihan dan kesterilannya, peralatan makeup juga perlu. Hal ini untuk menjaga kesehatan kulit dan terbebas dari masalah jerawat karena pelatan make up yang kotor. Pastikan alat-alat tersebut sudah bersih dan steril sebelum dan sesudah digunakan agar tidak ada kuman dan bakteri yang bersarang di peralatan dan berpindah ke kulit.

Kunci

Pasti banyak kunci yang sehari-hari kalian sentuh, mulai dari kunci rumah, kamar, lemari, kunci motor dan mobil. Namun, sama halnya dengan remote, mungkin sudah banyak tangan yang menyentuh dan menggunakannya kunci-kunci itu.

Ekonomi Indonesia Sah Resesi, Ini Kata Istana Presiden...

Mouse

Ukurannya yang lebih kecil ketimbang laptop dan keyboard, membuat mouse kerap lupa untuk dibersihkan. Padahal benda ini sangat sering digunakan sembari menggunakan laptop. Memang, hanya kamu yang memakainya, tapi mouse bisa jadi sarang kuman dan bakteri. Terutama, jika setiap menyentuh benda lain kalian langsung menyentuhnya.

Mainan dan peralatan bayi

Kalian yang memiliki balita di rumah, sangat penting untuk memperhatikan barang-barang di sekitarnya. Tidak hanya peralatan makan dan botol susunya, tapi juga mainannya. Terlebih balita kerap memasukkan benda-benda ke mulut sebagai bagian dari proses mengenal benda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya