SOLOPOS.COM - Kegiatan Umi Ramadan Fair 2022 yang diselenggarakan PIP berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah melalui Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memberikan akses permodalan dan pemberdayaan UMKM, khususnya pelaku usaha perempuan melalui program pembiayaan ultra mikro (Umi).

Program Umi selain memberikan pembiayaan juga dukungan berupa pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha ultra mikro, termasuk pelaku usaha perempuan. Dukungan pelatihan dan pendampingan, antara lain pengurusan legalitas usaha, peningkatan kapasitas usaha, serta digitalisasi dalam hal penggunaan uang elektronik, pemasaran online, dan lain-lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nah, pada momen bulan suci Ramadan 1443 hijriah, Pusat Investasi Pemerintah berkomitmen terus mendukung ekosistem pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) serta memfasilitasi kebutuhan pembiayaan bagi masyarakat pelaku usaha.

Baca Juga : Bazar UMKM di Desa Pranggong Boyolali, Ini Produk-Produknya…

Berkenaan dengan itu, PIP menyelenggarakan kegiatan Umi Ramadan Fair berkolaborasi dengan dua event yang ada di Jakarta, yaitu Bazar Ramadan Fair di Lapangan Banteng yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta pada Senin-Rabu (11-20/4/2022). Event selanjutnya, Istiqlal Halal Expo 2022 yang diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Istiqlal pada Jumat-Minggu (15-24/4/2022).

Konsep kegiatan Umi Ramadan Fair, yakni membuka booth pembiayaan Umi. Di situ disediakan informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pembiayaan Umi. Tersedia juga booth layanan konsultasi dan edukasi terkait legalitas usaha, perpajakan, dan ekspor.

“Kegiatan tersebut bekerja sama dengan unit-unit Kementerian Keuangan, antara lain Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak, Ditjen Bea & Cukai, Ditjen Kekayaan Negara, dan lembaga lain seperti BKPM, PNM, dan Pegadaian,” tulis BLU PIP seperti dilansir dari keterangan pers yang diterima Solopos.com, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga : BP KB Sumberlawang Gelar Bazar Produk Usaha Akspetor di Gunung Kemukus

pameran umkm
Salah satu booth pada kegiatan Umi Ramadhan Fair yang diselenggarakan BLU PIP pada momen Ramadan 2022. (Istimewa)

Rangkaian Acara

Selanjutnya, booth promosi produk dari debitur Umi pada zona bazaar murah mencakup jenis produk kuliner, kriya atau kerajinan, dan produk fashion. Panitia juga menyelenggarakan kegiatan talkshow bertema Muda Berwirausaha: From Job Seeker to Job Creator yang akan dilaksanakan pada Senin (18/4/2022) pukul 16.00 WIB-17.45 WIB di Lapangan Banteng.

Talkshow menghadirkan pembicara dari pelaku usaha debitur pembiayaan Umi dan praktisi pendampingan usaha. Acara itu untuk mengajak kawula muda berani berwirausaha dan tidak takut memulai usaha.

Baca Juga : Geliat UMKM Desa Plawikan Klaten lewat Bazar di Taman

Ada juga talkshow bertema Tips Mengelola Keuangan dan Mengembangkan Usaha yang akan diselenggarakan pada Selasa (19/4/2022) pukul 15.45 WIB-17.45 WIB di Masjid Istiqlal. Talkshow menghadirkan pembicara dari Bank Indonesia, praktisi pendampingan usaha, dan pelaku usaha debitur pembiayaan Umi.

“Selain kegiatan tersebut juga ada coaching clinic on boarding UMKM. Memberikan edukasi kepada pelaku UMKM untuk dapat mengakses pemasaran e-marketing bekerja sama dengan platfom Grab Indonesia dan Choop,” imbuhnya.

Baca Juga : Bazar Produk UMKM Karya ASN Karanganyar Digelar, Biar Tambah Sejahtera

Kegiatan lain cooking class dan art class berupa patchwork atau membuat dompet dari kain perca dan quilting atau merajut tas. PIP berharap penyelenggaraan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berlapis, yaitu mendorong efektivitas peningkatan ekosistem produk, mengenalkan lebih dalam produk-produk UMK yang berkualitas.

“Kemudian memberikan impresi yang positif bagi masyarakat akan hadirnya peran pemerintah dalam mendukung dan mendorong pengembangan kapasitas para pelaku usaha di lapisan ultra mikro, mikro, dan kecil.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya