Jangan Lengah! Tren Kematian Akibat Covid-19 di Klaten Belum Menurun
Ilustrasi Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Angka penambahan kasus Covid-19 di Klaten masih terus terjadi saban harinya, sementara angka kematian akibat virus corona juga masih tinggi. Hal itu berdasarkan grafik kasus baru per hari dalam sepekan belakangan.

Meski saban hari ada penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 baru, angka penambahan kasus relatif melandai dibandingkan sepekan sebelumnya. Angka kesembuhan juga terus menunjukkan tren membaik namun kematian masih terus terjadi.

Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, membenarkan pada perkembangan kasus belakangan ada hari-hari yang menunjukkan tanpa penambahan kasus kematian.

Baca juga: Pedagang Pasar Bahulak Sragen Pasang Lapak Berplastik Demi Tangkal Corona

Seperti pada Sabtu (6/3/2021), tak ada penambahan kasus pasien Covid-19 meninggal dunia. Namun, kondisi tersebut tak lantas bisa disimpulkan ada tren penurunan angka kematian kematian kasus Covid-19 di Klaten.

“Kemarin memang tidak ada kasus kematian. Tetapi bukan berarti tren menurun,” kata Ronny saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (7/3/2021).

Kondisi Kesehatan Memburuk

Angka kematian atau case fatality rate (CFR) pasien Covid-19 hingga saat ini masih tinggi, lebih dari 6 persen.

Baca juga: Keren, Ada Insinyur Indonesia Yang Terlibat Dalam Proyek Roket NASA

“Kami lihat selama sepekan kedepan. Mudah-mudahan trennya [angka kematian] terus menurun,” jelas dia.

Rata-rata kasus kematian Covid-19 terjadi kepada pasien yang sudah dalam kondisi kesehatan memburuk ketika dibawa ke rumah sakit. Selain itu, mereka juga memiliki penyakit penyerta.

Atas kondisi itu, Ronny tetap mengimbau peningkatan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan tetap dijaga oleh berbagai kalangan dan usia. Selain melindungi diri sendiri, disiplin penerapan protokol kesehatan juga melindungi orang lain terutama anggota keluarga yang mengidap penyakit berat.

Baca juga: Gibran Pengin Final Piala Menpora di Solo, Begini Respons PT LIB...



Berita Terkini Lainnya








Kolom