SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyalakan motor. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Menyalakan mesin sepeda motor tidak boleh dilakukan langsung ketika kunci baru saja diputar pada posisi On. Begini penjelasannya.

Menghidupkan motor bukanlah perkara sulit. Tinggal masukkan kunci kontak, kemudian pencet tombol electric starter dan motor pun akan langsung menyala. Kalau ternyata electric starter motor bermasalah atau aki sudah soak, Anda bisa menggunakan kick starter sebagai alternatif.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Tapi itu cara dulu. Motor dengan teknologi injeksi dilarang keras untuk dihidupkan dengan cara seperti ini (masukkan kunci kontak dan langsung starter). Lho, kok begitu? Berikut ulasan Suzuki Indonesia.

Dalam panel instrumen motor injeksi, Anda bisa menemukan beberapa lampu indikator, speedometer, indikator bahan bakar, hingga sebuah lampu yang berwarna oranye.

Lampu ini (orange) biasanya akan langsung menyala saat kunci kontak diputar ke posisi On, sambil diikuti dengan suara “ngeeng…!”.

Bukan lampu sembarangan lho. Lampu berwarna oranye ini berfungsi untuk membantu Anda mendeteksi apakah komponen injeksi dalam motor Anda baik-baik saja atau tidak.

Jika komponen injeksi dalam masalah, biasanya lampu ini akan memberikan kode tertentu berupa kedipan atau justru lampunya tidak mau mati. Durasi dan jumlah kedipan lampu ini berbeda sesuai dengan jenis kerusakan dan produk sepeda motornya.

Misal, jika muncul 7 kedipan saat motor dinyalakan, kemungkinan motor Anda mengalami masalah di bagian Engine Oil Temperature atau Engine Coolent Temperature, sedangkan jika 8 kedipan yang muncul, bisa jadi masalahnya datang dari sensor Throttle Position.

Sedangkan jika komponen injeksi motor masih normal, lampu ini hanya akan menyala sebentar, kemudian mati. Nah, saat lampu indikator mati inilah Anda bisa memulai menyalakan mesin motor dengan menggunakan electric strarter atau kick starter.

Makanya, biar bisa memahami arti kedipan dalam lampu indikator motor Anda, sebaiknya baca kembali tabel kedipan dan kode kerusakan pada buku panduan.

Demikian alasan mengapa menyalakan mesin motor tidak boleh langsung ketika kunci baru saja On.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya