SOLOPOS.COM - Meskipun, menggunakan jasa pengiriman paket, kita juga perlu memastikan barang-barang yang diterima terjaga kebersihannya. (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO – Situasi pandemi Covid-19 seperti ini, membuat banyak orang lebih sering berkegiatan di rumah karena work from home ataupun kuliah daring.

Proses belanja pun kini ikut beralih melalui e-commerce, di mana barang pesanan akan dikirim menggunakan jasa pengiriman paket. Meskipun menggunakan jasa pengiriman paket, kita juga perlu memastikan barang-barang yang diterima terjaga kebersihannya. Kita juga sebaiknya menyiapkan tempat di depan rumah untuk kurir meletakan paket sehingga kurir tidak bertemu langsung dengan kita.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perlu diingat juga, bahwa virus corona dapat bertahan di beberapa permukaan, termasuk plastik dan stainless steel sampai tiga hari. Laporan yang diterbitkan oleh para ilmuwan pemerintah Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa virus corona dapat bertahan hidup di udara selama beberapa jam.

Lalu, apakah virus corona dapat ditularkan melalui paket yang dikirimkan? Menurut WHO, menerima paket dari wilayah manapun yang terpapar virus dinilai aman. Hal itu karena orang yang terinfeksi dari barang kemungkinannya rendah.

Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui bagaimanana cara menerima paket di rumah yang aman agar terhindar dari virus corona. Seperti dilansir dari akun Youtube resmi BNPB Indonesia yang dikabarkan oleh okezone.com, berikut 5 protokol kesehatan dalam menerima kiriman paket.

Kembang Desa Kena Guna-Guna Mantan Pacar, Rukyat Tak Mempan

1. Segera buang bagian pembungkus yang tidak diperlukan

Buanglah terlebih dahulu pembungkus atau wadah kemasan terlebih dahulu, kemudian segera cuci tangan.

2. Bersihkan kemasan dengan cairan disinfektan

Semprotkan cairan disinfektan pada kemasan bagian luar dan tidak disarankan untuk menyemprotkan cairan disinfektan pada makanan. Namun, usahakan juga untuk menggunakan pembersih yang tidak mencemari bahan makanan.

3. Jangan membersihkan makanan dengan bahan kimia berbahaya

Bila kalian memesan makanan, cukup cuci dan bersihkan dengan air mengalir, ataupun menggunakan sabun khusus sayur dan buah atau food grade.

4. Panaskan ulang makanan

Disarankan jika menerima paket kiriman berupa makanan, kalian perlu memanaskannya kembali agar makanan tetap bersih dan sehat. Kalian hanya cukup memaskan ulang dengan suhu minimal 65 derajat celcius selama 3 menit.

Cedera Kaki, Kai Super M Hanya Duduk Di Yoo Hee Yeol’s Skectbook

5. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan

Jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum makan dengan menggunakan sabun. Sehingga, tangan kalian bersih dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

Ketika masyarakat memiliki kesadaran untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan, maka penyebaran virus corona juga akan semakin menurun dan akhirnya masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya