SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meliburkan dua kali gelaran car free day (CFD) untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Dua kali CFD yang diliburkan yaitu pada Minggu (2/6/2019) dan Minggu (9/6/2019). Penjelasan itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, saat diwawancara Solopos.com melalui sambungan telepon, Sabtu (1/6/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah diputuskan sejak beberapa waktu lalu dan kami sudah sosialisasikan ini melalui berbagai media, termasuk media sosial. CFD kami liburkan sementara untuk memperlancar arus lalu lintas mudik dan balik Lebaran,” dia menerangkan.

Kendati bukan jalur utama pemudik, menurut Ari Jl. Slamet Riyadi Solo merupakan jalur favorit para pemudik saat melintas di Solo. Mereka dengan sengaja lewat jalur itu dan rela terkena macet asalkan bisa melintas di tengah Kota Bengawan.

“Bagi pemudik belum lewat Solo kalau tidak lewat Jl. Slamet Riyadi atau tengah kota. Mungkin juga karena banyaknya pilihan tempat mampir kalau lewat Jl. Slamet Riyadi. Jadi CFD kami putuskan untuk diliburkan sementara,” sambung dia.

Ari menjelaskan hingga Jumat (31/5/2019) arus mudik di Solo belum mencapai puncaknya kendati sudah terjadi peningkatan kepadatan. Ditilik dari tren arus lalu lintas di kota-kota besar, puncak mudik di Solo diprediksi terjadi hari ini atau Minggu (2/6/2019).

“Ini saya sedang di TMII Jakarta untuk pemberangkatan bus mudik gratis yang difasilitasi Pemprov Jateng. Ada 214 bus yang difasilitasi Pemprov Jateng. Selain di sini juga ada beberapa pemberangkatan bus mudik gratis,” kata dia.

Dengan banyaknya pemberangkatan bus mudik gratis dari Jakarta Ari memperkirakan puncak arus mudik di Solo terjadi akhir pekan ini. Apalagi Ari mendapat laporan terjadinya kepadatan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan di Kota Bengawan.

“Seperti Jl Kapten Mulyadi, Jl. Jendral Sudirman, dan seputaran Palang Joglo. Kalau ditilik masih landainya arus lalu lintas kemarin-kemarin di Solo, kemungkinan puncak arus mudik di Solo terjadi malam ini atau malah besok [2/6/2019],” ujar dia.

Terkait angkutan mudik gratis yang difasilitasi Pemprov Jateng, Solo mendapatkan dua armada bus. Sebanyak 214 bus diberangkatkan menuju berbagai kota/kabupaten di Jateng oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo Sabtu pukul 11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya