PKL tetap buka lapak di city walk Jl. Slamet Riyadi kawasan Sriwedari Solo meski CFD diliburkan pada Minggu (1/7/2018). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meliburkan dua kali gelaran car free day (CFD) untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Dua kali CFD yang diliburkan yaitu pada Minggu (2/6/2019) dan Minggu (9/6/2019). Penjelasan itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, saat diwawancara Solopos.com melalui sambungan telepon, Sabtu (1/6/2019).

“Sudah diputuskan sejak beberapa waktu lalu dan kami sudah sosialisasikan ini melalui berbagai media, termasuk media sosial. CFD kami liburkan sementara untuk memperlancar arus lalu lintas mudik dan balik Lebaran,” dia menerangkan.

Kendati bukan jalur utama pemudik, menurut Ari Jl. Slamet Riyadi Solo merupakan jalur favorit para pemudik saat melintas di Solo. Mereka dengan sengaja lewat jalur itu dan rela terkena macet asalkan bisa melintas di tengah Kota Bengawan.

“Bagi pemudik belum lewat Solo kalau tidak lewat Jl. Slamet Riyadi atau tengah kota. Mungkin juga karena banyaknya pilihan tempat mampir kalau lewat Jl. Slamet Riyadi. Jadi CFD kami putuskan untuk diliburkan sementara,” sambung dia.

Ari menjelaskan hingga Jumat (31/5/2019) arus mudik di Solo belum mencapai puncaknya kendati sudah terjadi peningkatan kepadatan. Ditilik dari tren arus lalu lintas di kota-kota besar, puncak mudik di Solo diprediksi terjadi hari ini atau Minggu (2/6/2019).

“Ini saya sedang di TMII Jakarta untuk pemberangkatan bus mudik gratis yang difasilitasi Pemprov Jateng. Ada 214 bus yang difasilitasi Pemprov Jateng. Selain di sini juga ada beberapa pemberangkatan bus mudik gratis,” kata dia.

Dengan banyaknya pemberangkatan bus mudik gratis dari Jakarta Ari memperkirakan puncak arus mudik di Solo terjadi akhir pekan ini. Apalagi Ari mendapat laporan terjadinya kepadatan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan di Kota Bengawan.

“Seperti Jl Kapten Mulyadi, Jl. Jendral Sudirman, dan seputaran Palang Joglo. Kalau ditilik masih landainya arus lalu lintas kemarin-kemarin di Solo, kemungkinan puncak arus mudik di Solo terjadi malam ini atau malah besok [2/6/2019],” ujar dia.

Terkait angkutan mudik gratis yang difasilitasi Pemprov Jateng, Solo mendapatkan dua armada bus. Sebanyak 214 bus diberangkatkan menuju berbagai kota/kabupaten di Jateng oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo Sabtu pukul 11.00 WIB.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten