Tutup Iklan

Jangan Kaget, Anggota TNI akan Muncul pada Hari Awal Sekolah

Kemendikbud menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam penyelenggaraan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) mulai tahun ajaran 2019/2020. Jadi jangan kaget ada anggota TNI pada hari awal sekolah.

Jangan Kaget, Anggota TNI akan Muncul pada Hari Awal Sekolah

SOLOPOS.COM - Kemendikbud bekerja sama dengan TNI AD mengirim prajurit TNI ke daerah 3T. (Kemdikbud.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Kemendikbud menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam penyelenggaraan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) mulai tahun ajaran 2019/2020. Jadi jangan kaget ada anggota TNI pada hari awal sekolah.

"Dalam rangka penyelenggaraan PLS, kami melibatkan personel TNI untuk ikut menyukseskan dan berpartisipasi," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (21/6/2019) seperti dilansir Antara.

Keterlibatan personel TNI terkait dengan penanaman disiplin. Menurut dia, penanaman disiplin penting. Setelah dievaluasi, banyak perilaku siswa yang tidak disiplin.

Dalam kerja sama itu, diharapkan TNI memberikan materi dasar terkait disiplin, bela negara, cinta Tanah Air, dan nasionalisme. Hal itu seiring dengan Program Penguatan Karakter (PPK) yakni religiositas, nasionalisme, integritas, mandiri, dan gotong royong.

Pelibatan personel TNI dalam PLS menyasar semua jenjang sekolah yakni SD, SMP, SMA, dan SMK di bawah naungan Kemendikbud. Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut gembira program pengenalan lingkungan sekolah itu. Pihaknya akan menyesuaikan materi PLS sesuai keinginan Kemendikbud.

Personel TNI bisa menjangkau sekolah di seluruh Tanah Air, bahkan hingga daerah terpencil. "Kami sudah rancang materi terkait pembinaan karakter. Yang paling ringan adalah pelatihan baris-berbaris," kata Hadi.

Pelatihan baris-berbaris bisa menanamkan jiwa korsa, yakni saling menghormati dan menghargai sesama. Dengan begitu pembentukan karakter terbentuk sejak dini.

TNI juga telah memberikan pelatihan kepada personel TNI agar bisa memberikan materi di sekolah. Personel TNI akan berada di sekolah terkait program tersebut paling lama dua pekan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.