Timnas Belanda (Reuters)

Solopos.com, SOLO - Belanda tampil trengginas dalam beberapa bulan terakhir. Pelatih Belanda, Ronald Koeman, mengingatkan anak asuhnya untuk jemawa lebih dulu. Apalagi, mereka bakal menantang Jerman dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020, Senin (25/3/2019) dini hari WIB.

Belanda tercatat belum terkalahkan sejak Oktober 2018 lalu. Di ajang UEFA Nations League, Belanda meraih dua kemenangan dan dua kali hasil imbang. Sementara pada laga perdana Kualifikasi Piala Eropa 2020 kemarin, Belanda sukses menghajar Belarusia 4-0.

Hasil-hasil positif itu menjadi sinyal kebangkitan De Oranje. Pasalnya, mereka sudah absen dalam dua ajang besar terakhir. Ya, Belanda tak ikut serta di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Keberadaan Koeman sebagai juru taktik menjadi salah satu alasannya.

Koeman berhasil membawa Belanda memetik lima kemenangan dari 11 pertandingan yang dilalu. Sisanya, mereka meraih empat kali hasil imbang dan baru dua kali menelan kekalahan. Kendati demikian, Koeman tak ingin anak asuhnya jemawa.

"Kalau Anda tak kalah untuk waktu yang lama, akan ada momennya Anda kalah, walaupun kami ingin tetap di jalur kemenangan," tutur Koeman seperti dikutip dari AS, Minggu (24/3/2019).

"Kalau Anda membandingkan dua skuat ini, maka situasinya lebih jelas di tim kami. Para pemain kami tampak lebih percaya diri, malah terkadang agak arogan melawan Belarusia."

"Tapi kami menyadari bahwa kami harus di level terbaik. Sebab Jerman punya pemain-pemain yang sangat bagus yang bisa menyusahkan hidup kami," lanjutnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten