Ilustrasi susu (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Susu segar memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, jika basi, susu dianggap tidak berkhasiat dan dibuang secara percuma. Tapi, susu basi sebenarnya masih bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda memiliki susu basi di rumah, jangan dibuang. Sebab, susu basi masih bisa dimanfaatkan. Yuk baca lima manfaat susu basi seperti dirangkum dari Little Things, Senin (2/9/2019):

Mencerahkan wajah

Asam laktat pada susu basi dapat membuat kulit wajah lebih cerah, halus, dan kencang. Caranya, cairkan susu basi dengan air dan usapkan pada wajah. Lalu, pijat secara perlahan agar kandungan susu menyerap pada kulit. Selanjutnya, bilas wajah dengan air untuk menghilangkan bau asam dari susu.

Menghaluskan kulit

Susu basi tak hanya baik bagi kulit wajah, namun seluruh tubuh. Gunakan satu atau dua gelas susu basi saat mandi untuk melembutkan kulit. Jika aroma susu basi terlalu menyengat, Anda bisa menambahkan minyak esensial.

Merangsang pertumbuhan tanaman

Kalsium pada susu bisa merangsang pertumbuhan tanaman, khususnya pohon tomat. Cairkan susu basi dengan air. Lalu, siram ke dalam pot tanaman atau tumbuhan di taman.

Makanan hewan peliharaan

Susu basi mengandung kalsium dan protein yang baik bagi hewan peliharaan. Caranya, campur susu basi dengan makanan kucing atau anjing, lalu berikan pada hewan peliharaan Anda. Hewan peliharaan tak akan menolak jika susu basi telah tercampur rata pada makanannya.

Melunakkan daging

Asam laktat pada susu cocok untuk melunakkan daging. Caranya, rendam daging dengan susu basi sebelum dimasak. Lalu, masak sesuai keinginan. (Atina Firdausa Qisthi/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten