Jangan Biarkan Taman Siswa Lenyap dari Ingatan

Sayang jika Taman Siswa sampai lenyap dari ingatan. Perlu ada gerakan penyelamatan Taman Siswa.

 Taman Madya (SMA) Ibu Pawiyatan di Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. (tamansiswapusat.com)

SOLOPOS.COM - Taman Madya (SMA) Ibu Pawiyatan di Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. (tamansiswapusat.com)

Solopos.com, SOLO – Tanggal 3 Juli 2022 tepat seabad Perguruan Nasional Taman Siswa berdiri. Pada 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan nasional tersebut di Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kini Taman Siswa makin pudar, luntur, dan menyisakan romantisisme.

Buku Demokrasi dan Kepemimpinan: Kebangkitan Gerakan Taman Siswa karya Kenji Tsuchiya yang diterbitkan Balai Pustaka dan Kepustakaan Populer Gramedia, Oktober 2019, menjelaskan pada waktu itu pemerintah Hindia Belanda sedang menghadapi kebangkitan nasionalisme yang terpusat di Partai Komunias Indonesia (PKI) dan Sarekat Islam (SI).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Sayang jika Taman Siswa sampai lenyap dari ingatan. Perlu ada gerakan penyelamatan Taman Siswa. Hanya pemerintah yang punya kekuatan koersif menghapuskan segala bentuk konservatisme kepemimpinan di Taman Siswa yang membuat lembaga pendidikan ini makin pudar. Tanpa gerakan penyelamatan, Taman Siswa hanya akan menyisakan romantisisme. Uraian lengkap bisa dibaca di Taman Siswa dan Sisa-Sisa Romantisisme.

Muhibah Budaya Jalur Rempah selama 30 hari berlayar mengarungi jalur rempah Nusantara dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci selesai pada Jumat (1/7/2022). Laskar Rempah kemudian mengikuti jamuan makan dan atraksi budaya Spirit of Majapahit di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Muhibah Budaya Jalur Rempah adalah ikhtiar mengingat realitas Nusantara adalah negeri yang diberkahi. Negeri yang dipilih Tuhan sebagai tempat pertama di bumi untuk menumbuhkan rempah. Penjelasan lengkap tersaji di30 Hari Muhibah Budaya Jalur Rempah Berujung Spirit Majapahit.

Penggunaan teknologi biogas bisa membantu menyelamatkan Objek Wisata Air Terjun Pletuk di Dusun Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, yang sepi pengunjung karena tercemar limbah kotoran sapi.

Objek wisata Air Terjun Pletuk di Dusun Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim), tampak tak terawat. Maklum, sudah hampir lima tahun objek wisata tersebut tak dikunjungi wisatawan. Apalagi semenjak pandemi Covid-19 yang membuat hampir seluruh objek wisata di Ponorogo ditutup. Ulasan lengkap bisa dibaca di Teknologi Biogas Untuk Selamatkan Air Terjun Ponogoro dari Kotoran Sapi.

Praktik baik implementasi Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa membutuhkan inisiatif, inovasi, kreativitas, dan kepeloporam dengan model berpikir yang tidak biasa atau out of the box.

SDGs Desa di Indonesia telah diterapkan dan berjalan sejak 2021. Pembangunan desa amat penting mengingat 188 juta warga desa merupakan 43% dari penduduk Indonesia. Keberhasilan penerapan SDGs Desa secara otomatis akan mendorong keberhasilan pencapaian SDGs Nasional. Duduk perkara bisa dipahami di Praktik Baik SDGs Desa Butuh Inovasi dan Kreativitas.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jaksa Yakin Hakim Bakal Hukum Motivator Julianto Eka Putra

      Terdakwa Julianto Eka Putra telah dituntut 15 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU).

      Pengacara Sebut Asmara Polwan dan Ferdy Sambo, Benarkah Rita Yuliana?

      Pada pertengahan Juli lalu nama AKP Rita Yuliana viral di media sosial karena dikaitkan dengan kasus tewasnya Brigadir J.

      Bharada E: Jika Tidak Menembak, Saya yang Ditembak

      Jika tidak menembak, Bharada E yakin dirinya yang akan ditembak hingga mati.

      Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek Wujudkan Transformasi Pendidikan

      Saat ini ada sejumlah platform yang sudah ada pada ekosistem teknologi pendidikan Kemendikbudristek Indonesia.

      Pembunuhan Brigadir J karena Kisah Asmara Ferdy Sambo Terbongkar?

      Ferdy Sambo diduga terlibat kisah asmara dengan seorang polwan sehingga memicu perselisihan dengan istrinya, Putri Candrawathi. 

      Pilpres 2024, Ganjar akan Kalah Jika Tak Diusung PDIP

      Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo belum mendapat restu untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

      Daerah Ini Warganya Sering Bersepeda Motor Tanpa Helm

      Direktur Lalu lintas Polda Papua Barat, Kombes Pol. Raydian Kokrosono, Rabu (10/8/2022), mengatakan sejak Juli 2022 hingga 8 Agustus 2022 polisi menilang 208 pengendara tidak menggunakan helm.

      Pengacara: Brigadir J Dihabisi karena Bocorkan Rahasia Ferdy Sambo

      Salah satu pengacara, Kamaruddin Simanjuntak menyatakan Brigadir J dihabisi karena memegang rahasia Ferdy Sambo dan sempat membocorkannya.

      TKP Kasus Kematian Brigadir J Bertambah 1, Rumah Pribadi Ferdy Sambo

      Ketiga TKP tersebut merupakan rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

      Laku Karya Mahasiswa ISI Solo Masuk 10 Besar Film Pendek Kartu Prakerja

      Film Laku karya mahasiswa ISI berhasil masuk 10 besar finalis terbaik kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja.

      Beri Informasi Salah, Karopenmas Brigjen Ahmad Ramadhan Dibela Atasan

      Belakangan pernyataan Ahmad Ramadhan itu dibantah Kapolri yang memastikan tidak ada baku tembak di rumah dinas Ferdy Sambo.

      Nadiem Makarim Apresiasi Pengguna Platform Teknologi Kemendikbudristek

      Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna platform teknologi yang telah diluncurkan Kemendikbudristek.

      Ketika LPSK Dibuat Gemas oleh Perilaku Istri Ferdy Sambo

      Meski meminta perlindungan, Putri Candrawathi justru kurang kooperatif dalam memberikan keterangan kepada LPSK.

      Daftar ke KPU, Ini Harapan Koalisi Indonesia Bersatu atas Pemilu 2024

      Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memiliki harapan atas Pemilu 2024 mendatang. 

      Pimpin Golkar Daftar ke KPU, Airlangga: Golkar 10 Kali Ikut Pemilu

      Partai Golkar mendaftar ke KPU bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

      Pengacara: Ada Alasan Kuat Ferdy Sambo Perintahkan Bunuh Brigadir J

      Penasihat hukum keluarga menyebut ada alasan kuat di balik dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J yang diperintahkan Ferdy Sambo.