Jangan Berlebihan Dalam Cinta, Ini Cara Agar Tak Jadi Bucin
Jangan berlebihan dalam cinta untuk menghindari jadi bucin alias budah cinta (ilustrasi/freepik)

Solopos.com, SOLO – Seorang yang jatuh cinta, terkadang akan lupa diri dan menjadikannya seorang bucin alias budak cinta. Secara biologis, seseorang yang bucin karena jatuh cinta adalah hal yang wajar. Hal ini terjadi karena otak manusia mungkin mengesampingkan segalanya demi cinta.

Meskipun begitu, tidak wajar jika terlalu sering berkoban, hal tesebut perlu dipertanyakan. Saat awal menjadi bucin mungkin menyenangkan, namun akan melelahkan kemudian. Hal ini, disebabkan karena hanya selalu memikirkan kepentingan si dia daripada dirimu sendiri.

Melansir dari okezone.com, Minggu (13/9/2020), berikut pertannda kamu sudah jadi bucin.

1. Terlalu banyak berkorban demi dia

Terlalu banyak berkorban demi dia, apalagi jika dia tak memberikan timbal balik yang seimbang. Misalnya, ketika pacarmu meminta dibelikan handphone, padahal kamu tak punya banyak uang, hingga kamu terpaksa berutang, maka kamu sudah jadi bucin. Ingat, cinta itu harus rasional dan berlogika.

2.Mengutamakan dia daripada pekerjaan

Saat pacarmu melarang kamu bekerja, dan memintanya menemanimu, lalu kamu lebih memilih mengalah agar si dia senang. Maka ini merupakan sebuah pertanda kamu sudah jadi bucin, karena kamu tak mampu menolak permintaan si dia.

3.Ingin selalu bersama si dia setiap saat

Saat berkerja atau kuliah kamu malah tidak fokus dan hanya sibuk memikirkannya. Setiap waktu kamu hanya ingin bersamanya bahkan rela melakukan apa saja untuk bisa menemuinya setiap saat.

.4Takut membuatnya marah

Kamu terlalu takut membuatnya marah dan akhirnya selalu mengiyakan apa permintaan dan pendapatnya. Bahkan, kamu selalu memenuhi permintaannya walaupun kamu di dalam hati terdalam tak menyukai permintaannya tersebut.

5.Kamu mengutamakan si dia daripada keluarga dan sahabat

Kalau sampai mengutamakan pacar daripada keluarga sendiri, berarti tingkat bucinmu sudah tinggi. Apalagi keluarga adalah orang-orang yang selalu mendukungmu. Ingatlah kalau kamu sudah menjadi bucin akut, dan ingat pacarmu belum tentu jadi jodohmu. Bahkan saat dia pergi, maka kamu akan limbung. Jangan lupakan juga para sahabatmu jika kamu sudah punya pacar karena mereka sudah ada sebelum hadirnya pacarmu.

6.Sangat takut kehilangan

Salah satu ciri bucin adalah terlalu takut kehilangan orang yang dicintainya. Akibatnya segala keinginannya selalu dituruti olehmu. Ingat, jangan sampai kamu dimanfaatkan pacarmu untuk memenuhi segala permintaan dia karena terlalu takut kehilangan.

Sudah Nikah, Dory Harsa Dihujat Tapi Nella Kharisma Banjir Selamat

Cara Agar Lepas Jadi Bucin

Masing-masing orang sendiri memiliki anggapan yang berbeda-beda mengenai bucin. Ada yang menganggap itu wajar karena merasa bahwa itu adalah bentuk dari rasa cinta, namun ada juga yang menganggap itu salah.

Beberapa orang bahkan bisa saja tidak menyadari jika dirinya adalah bucin. Lantas, bagaimana cara agar tidak jadi bucin? Berikut 6 cara agar tidak bucin seperti dilansir dari Detikcom, belum lama ini.

1.Seimbangkan Keadaan

Kamu tidak perlu selalu mendedikasikan seluruh hidupmu untuknya. Kamu juga perlu menekuni kegiatan, hobi, atau hal-hal yang kamu senangi. Kamu perlu memahami bahwa tidak seluruh hidupmu adalah tentang pasanganmu. Kamu bisa melakukan hal-hal produktif dan positif, namun tetap seimbangkan waktu untuk bertemu dengannya.

2.Tetap Mandiri

Cara agar tidak bucin ini cukup berguna agar kamu tidak terlalu bergantung padanya sehingga saat pasanganmu sibuk dan entah ke mana, kamu tetap bisa menghabiskan waktumu dan melakukan apapun sendiri.

3.Cintai Dirimu Sendiri

Mencintai diri sendiri adalah cara yang paling efektif agar kamu tidak menjadi budak cinta. Dengan mencintai diri sendiri kita akan lebih menghargai dan menyadari nilai diri kita sendiri. Jika kamu mencintai dirimu sendiri maka kamu akan menerima segala kelebihan dan kekurangan dari dirimu. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk mencintai orang lain, pastikan kamu sudah mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu.

Update Covid-19 Indonesia: Pasien Positif Tambah 3.141, Total Kasus Jadi 221.523

4.Jangan Takut Ditinggalkan

Perasaan takut ditinggalkan ini bisa cukup bahaya bagi hubunganmu karena kemungkinan besar hal itu lah yang bisa membuatmu jadi bucin. Biasanya orang yang terlalu takut ditinggalkan oleh pasangannya rela melakukan apapun agar sang pacar tidak meninggalkan dirinya.

Percayalah, kamu tidak perlu melakukan hal itu karena kamu juga memiliki nilai yang harus dianggap berharga oleh si dia. Justru kamulah yang harus menunjukkan siapa dirimu yang sebenarnya. Jika pasanganmu memang benar-benar mencintaimu, dia pasti tidak akan meninggalkanmu.

5.Jujur Pada Diri Sendiri

Cara agar tidak jadi bucin yang kelima adalah jujur pada diri sendiri. Kamu adalah orang yang paling tahu bagaimana hubungan yang sedang kamu jalani. Apakah kamu merasa nyaman bersama pasanganmu atau kamu justru merasa dimanfaatkan? Jika kamu menyadari bahwa sang pacar hanya memanfaatkanmu dan datang padamu hanya saat dia membutuhkanmu maka kamu mungkin perlu memikirkan kembali hubungan yang tengah kamu jalani.

6.Minta Pendapat Orang Terdekatmu

Mintalah pendapat dari orang-orang terdekatmu, seperti orangtua atau sahabatmu. Orang-orang terdekatmu pastinya menginginkan hal yang terbaik bagimu. Karena terkadang saat sedang dimabuk cinta kamu tidak bisa melihat keburukan-keburukan pasanganmu atau memberikan batasan dalam memperlakukan pasangan. Tetapi orang-orang terdekatmu bisa melihatnya dan melakukannya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom