Kategori: Leisure

Jangan Asal Unggah Selfie Kartu Vaksinasi Covid-19 di Medsos, Ini Alasannya


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA--Sejumlah orang yang baru saja divaksinasi virus corona, mengunggah selfie kartu vaksinasi Covid-19 di media sosial. Sayangnya hal itu bukanlah keputusan bijak.

"Beberapa dari Anda merayakan vaksinasi Covid-19 kedua Anda dengan antusiasme yang biasanya ditujukan untuk pernikahan, bayi baru lahir, dan acara kehidupan lainnya," tulis Komisi Perdagangan Federal AS dalam sebuah posting blog pada Jumat (5/2/2021) seperti dilansir Antaranews.

“Anda memposting foto kartu vaksinasi Anda di media sosial. Tolong - jangan lakukan itu! Anda bisa saja mengundang pencurian identitas," dikutip dari the Verge pada Minggu (7/2/2021).

Baca Juga: Langgar Prokes, 49 Lapak Pedagang Pasar Solo Kena Sanksi Penutupan Sementara

Target Penipuan

Kartu tersebut tidak hanya mencantumkan nama dan tanggal lahir orang yang divaksinasi, tetapi juga mencantumkan kapan dan di mana Anda mendapatkan suntikan.

Kecuali jika semua akun media sosial Anda dikunci ke setinggan pribadi, Anda membagikan banyak data gratis tentang diri Anda yang mungkin tidak ingin diketahui di Internet.

The New York Times berbicara dengan beberapa pakar privasi yang mengatakan bahwa penipu ulung dapat berpura-pura menjadi pejabat kesehatan untuk mengelabui orang yang telah menerima dosis pertama vaksin.

Baca Juga: Cerita Sedih Pengelola Objek Wisata Di Tawangmangu, Sehari Hanya 2 Pengunjung

Lantas hal ini dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab tersebut sehingga mereka perlu membayar untuk dosis kedua, dan mendapatkan korbannya.

Informasi Kartu Kredit dan bisa saja seseorang dapat menggunakan foto kartu vaksinasi Anda untuk membuat ulang kartunya dan kemungkinan menjual versi palsu—sesuatu yang tampaknya sudah terjadi di Inggris.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung. Vaksin Covid-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko Anda untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

Kalaupun seseorang yang sudah divaksin tertular Covid-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena Covid-19 akan menurun.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati