Jangan Asal Ikut Tren, Nyatanya Sejumlah Challenge Ini Bisa Ancam Nyawa
Skull breaker challenge jadi salah satu tren di medsos yang bisa bahaya jika dilakukan (ilustrasi/detik)

Solopos.com, SOLO – Hadirnya beragam aplikasi terkadang memunculkan ide-ide baru netizen termasuk beragam challenge atau tantangan untuk melakukan suatu tindakan yang terkadang berbahaya. Ajakan untuk melakukan challenge biasanya digaungkan untuk menjadi viral. Namun terkadang challenge tersebut justru berisiko mengancam nyawa.

Baru-baru ini, media sosial dihebohkan beberapa video karya wargenet dalam bentuk gerakan Skullbreaker Challenge. Challenge atau tantangan ini terkenal lewat aplikasi Tiktok. Saat ini, Tiktok menjadi aplikasi yang digandrungi oleh berbagai kalangan.

Dari namanya saja sudah menuai sorotan negatif. Dalam Bahasa Inggris, Skullbreaker berarti penghancur tempurung kepala atau tengkorak. Tantangan ini melibatkan gerakan melompat dan menjegal yang dilakukan oleh tiga orang secara bergantian. Awalnya mereka bertiga berdiri sejajar, setelah itu ketiganya akan melompat secara bersamaan.

Saat itu pula salah seorang di antara mereka akan menjegal kaki orang yang di tengah sampai jatuh. Sontak perbuatan mereka menuai kecaman dari warganet yang menonton. Lantaran hal tersebut bisa menyebabkan patah tulang, cedera parah, gegar otak, hingga kematian.

Dikutip dari solopos.com, seorang siswi SMA di Miami, Amerika Serikat, bahkan telah menjadi korban. Dia harus dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami cedera seusai melakukan tantangan tersebut. Dia mengaku dibully oleh teman-temannya di South Dade Senior High School untuk melakukan Skullbreaker Challenge.

"Aku melompat sangat tinggi dan aku ingat mereka menendang kakiku," ujar siswi yang tak disebutkan identitasnya tersebut kepada NBC Miami. Sepekan setelah dirawat, dia bahkan mengaku masih merasakan sakit baik fisik maupun mental.

Orang tua siswi ini pun memutuskan untuk menempuh jalur hukum menuntut pihak sekolah dan memindahkan anaknya ke sekolah lain. Sementara teman-temannya yang terlibat telah mendapatkan sanksi yang berlaku. Pemerintah setempat akhirnya mengeluarkan pernyataan yang mengecam tindakan ini.

Lantas apa saja challenge atau tantangan lain yang berbahaya selain Skullbreaker Challenge? Berikut sejumlah tantangan yang memiliki risiko tinggi bila dilakukan seperti dirangkum Solopos.com, Sabtu (22/2/2020), dari berbagai sumber:

1. Penny Challenge

Penny Challenge atau Outlet Challenge adalah tantangan dengan cara sengaja merusak stop kontak listrik menggunakan koin. Tantangan ini bisa berpotensi menyebabkan rumah dan bangunan terbakar. Sudah banyak kejadian yang dialami pelajar di Amerika, akhirnya merekamendapatkan hukuman dari pihak sekolah akibat tantangan ini.

2. Cereal Challenge

Challenge berbahaya selanjutnya adalah Cereal Challenge. Cara melakukan tantangan ini adalah dengan makan sereal dari dalam mulut orang lain yang sedang menganga. Bukan hanya jorok, tantangan ini juga berbahaya karena bisa menyebabkan tersedak.

3. Bird Box Challenge

Terinspirasi dari film Brid Box di Netflix, Challenge Bird Box ini menantang pemain untuk menutup kedua matanya dengan melakukan aktivitas. Tentu challenge ini memiliki resiko berbahaya yakni bisa saja pemain menabrak benda-benda berbahaya bahkan terjatuh. Karena banyak memakan korban seperti adanya kasus kecelakaan akibat challenge ini, maka challenge ini mendapat imbauan untuk dihentikan.

4. In My Feeling Challenge

Sempat viral di tahun 2018, In My Feeling Challenge atau lebih dikenal dengan Kiki Dance rupanya juga termasuk ke dalam daftar challenge berbahaya. Dengan iringan lagu In My Feelings milik Drake, pemain tantangan ini diharuskan keluar dari mobil yang sedang berjalan lalu menari di samping mobil tersebut.

Di beberapa negara, challenge ini dilarang oleh polisi karena sebagian orang melakukannya benar-benar di jalan raya saat mobil sedang melaju. Dikhawatirkan, mereka yang sedang melakukan challenge ini terjatuh atau bahkan tertabrak kendaraan yang sedang melintas.

5. Challenge Kylie Jenner

Ingin memiliki bibir seksi seperti Kylie Jenner? Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan bibir yang indah sepertinya. Bahkan ada pula tantangan yang dapat membuat bibir Anda nampak seperti Kylie Jenner. Caranya Anda harus menghisap gelas atau botol air untuk mendapatkan bibir yang lebih besar.

Namun, challenge ini dikategorikan ke dalam tantangan yang berbahaya karena bibirmu akan melepuh akibat berhentinya pembuluh darah. Sudah terdapat banyak kasus yang menyebutkan bahwa challenge ini membuat beberapa orang masuk rumah sakit.

6. The Cinnamon Challenge

Bagaimana rasanya jika harus menelan satu sendok bubuk kayu manis dalam satu menit tanpa boleh minum? Tentu saja ini dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, khususnya paru-paru. Inilah bentuk tantangan dari The Cinnamon Challenge, efek dalam jangka panjang tantangan ini dapat menyebabkan peradangan bahkan infeksi paru-paru karena menghirup kayu manis.

7. Eraser Challenge

Challenge sepele namun berdampak fatal yakni Eraser Challenge. Anda disuruh untuk menggososkan penghapus di kulit sambil mengucapkan alfabet dalam sebuah kalimat. Gosokan yang dilakukan secara terus menerus dari penghapus ini akan menyebabkan iritasi hingga luka bakar pada kulit Anda. Pada 2015 lalu, challenge ini membuat seorang remaja dirawat di rumah sakit akibat mengalami infeksi setelah melakukan challenge tersebut.

8. The Choking Game

Choking Game merupakan challenge berbahaya karena dilakukan dengan cara mencekik leher untuk mencegah aliran oksigen kedalam otak. Biasanya, challenge ini dilakukan oleh dua orang, dengan pembagian tugas yang satu mencekik leher sedangkan dicekik.

Setelah melakukan challenge ini biasanya seseorang akan pingsan bahkan bisa meninggal dunia karena berhentinya aliran oksigen dari otak. Jelas tidak ada untungnya jika kita memainkan challenge berbahaya ini.

9. Ice Bucket Challenge

Awalnya Ice Bucket Challenge suatu gerakan yang bertujuan menggalang dana untuk penelitian penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Namun, banyak orang yang mengikuti gerakan ini dan menjadikannya challenge hingga viral. Challenge ini dilakukan dengan cara menyiramkan air es secara langsung dan mendadak pada kepala sehingga menyebabkan tubuh shock. Dampak yang dirasakan dari challenge ini tidak hanya meninggalkan sensasi dingin pada tubuh dan kepala, namun detak jantung pun akan menurun dan menyebabkan ritme kerja jantung menjadi terganggu.

10. Hot Water Challenge

Jika tadi challenge menggunakan air dingin atau air es, kini challenge berbahaya yang selanjutnya adalah Hot Water Challenge. Parahnya, challenge ini menantang orang untuk meminum air mendidih bahkan menyiramkan air mendidih tersebut ke sekujur tubuh pemain. Tantangan ini sangat berbahaya karena air mendidih dapat menyebabkan kulit melepuh, luka bakar stadium tiga bahkan kematian.

11. Condom Snorting Challenge

Beberapa waktu lalu, jagat maya sempat dihebohkan dengan viralnya Condom Snorting Challenge. Challenge ini dilakukan dengan cara memasukkan kondom ke dalam lubang hidung, menariknya lewat tenggorokan dan mengeluarkannya kembali lewat mulut.

Membayangkannya saja sudah mengerikan ya? Apalagi melihat adegan ini secara langsung? Efek yang didapat dari melakukan challenge ini sangat menyakitkan. Gesekan yang terjadi dalam jaringan antara hidung dan mulut hanya menyiksa diri sendiri. Besar kemungkinan orang yang melakukan challenge ini akan tersedak bahkan mengalami infeksi.

Jangan Asal Ikutan

Terkadang kita rela melakukan sesuatu yang berbahaya demi tak ingin diejek sebagai kuper. Banyak penilaian jika kita tidak mengikuti sejumlah trend kekinian yang ada, maka kita akan disebut kuno. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menolak challenge tersebut agar diri kita terhindar dari bahaya?

1. Batasi Pergaulan

Agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah dan merugikan diri sendiri, ada baiknya Anda membatasi pergaulan. Orang dewasa akan mencari pergaulan yang sehat, bukan hanya untuk mengikuti trend semata. Pilihlah teman yang dapat membawa Anda ke dalam hal yang positif.

2. Harus Bisa Tegas

Ketika Anda mendapatkan ajakan untuk melakukan berbagai challenge di atas, berusahalah untuk menolak secara tegas. Katakan kepada mereka bahwa challenge seperti itu hanya dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan diri kita.

3. Cari Alasan Tepat

Anda harus mencari alasan yang tepat dan mudah diterima oleh mereka tanpa takut disebut kuper atau kuno. Misalnya saja, Anda memberikan alasan ada banyak pekerjaan yang lebih penting ketimbang melakukan challenge tersebut. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang sibuk dan Anda hanya melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. Bila perlu, ajaklah teman Anda itu untuk ikut melakukan hal positif. (Bunga Oktavia)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho