SOLOPOS.COM - Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Keputihan yang terjadi pada seorang wanita disebut sebagai sesuatu hal yang wajar. Namun jika kondisinya sudah di luar dari kewajaran, disarankan untuk segera memeriksakan diri.

Dokter spesialis Obsgyn Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Syah Rini Wisdayanti, Sp. OG., M.Kes., dalam Health Talk mengatakan keputihan sebenarnya adalah cairan yang memang dikeluarkan dari kelenjar keringat di dalam vagina.

Keputihan bahkan bisa terjadi pada anak-anak perempuan, wanita yang sudah menikah, belum menikah, sedang hamil, pada usia reproduksi maupun yang sudah menopause. Dengan begitu keputihan normal terjadi pada sesmua wanita.

Pada kondisi normal, keputihan muncul saat wanita sedang beraktivitas. Namun saat tidak sedang beraktivitas pun, sebenarnya keputihan juga akan keluar. “Ini merupakan reaksi alamiah dari badan, seperti menyapu sedikit-sedikit kotoran dari dalam menuju keluar vagina,” kata dia.

Selain saat sedang beraktivitas, keputihan yang normal juga akan keluar sedikit lebih banyak saat masa subur atau saat sedang merasa terangsang.

Namun jika keputihan muncul pada kondisi-kondisi yang tidak normal atau sewajarnya, hal itu tetap peru mendapat perhatian lebih. Misalnya jika keputihan itu datangnya setiap waktu dan selalu ada stoknya setiap harinya. Selain dari waktunya, perlu juga diperhatikan jika warnanya mencurigakan.

Disebutkan, warna dari keputihan itu ada yang putih bening, putih susu, kehijauan atau seperti bercampur darah yakni kemerahan. Menurutnya jika warnanya sudah kemerahan, itu merupakan tanda berbahaya yang perlu segera ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dokter.

Terlebih ketika keputihan kemerahan itu muncul setiap kali setelah berhubungan dengan suami. Ciri lain yang di luar kewajaran adalah ketika keputihan itu sudah memunculkan bau yang sangat mengganggu.

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi atau mengakses layanan, bisa langsung ke Rumah Sakit JIH Solo di Jl. Adisucipto No. 118, Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo. Didukung oleh dokter, perawat, paramedis, dan staf yang profesional dan ramah dalam melayani pasien, JIH juga memiliki peralatan medis modern dan terbaru.

RS JIH Solo juga bisa dihubungi lewat email : infosolo@rs-jih.co.id, nomor telepon (0271) 746 9100, Gawat Darurat : 1-500-805, Whatsapp : +62811500805, Website: www.rs-jih.co.id/rsjihsolo, Instagram: @rs.jihsolo, Tiktok: @rsjihsolo, Facebook: @rsJIHSolo, Youtube: RS JIH Solo, serta Twitter @rsJIHSolo.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya