SOLOPOS.COM - Penggunaan sepeda motor di lingkungan yang berdebu bisa membuat kotoran makin rawan menempel di tutup tangki BBM yang tak terlindung. Bagian tutup tangki ini pun butuh perhatian khusus untuk dibersihkan. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Penggunaan sepeda motor di lingkungan yang berdebu bisa membuat kotoran makin rawan menempel di tutup tangki BBM yang tak terlindung. Bagian tutup tangki ini pun butuh perhatian khusus untuk dibersihkan. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Posisi tutup tangki bahan bakar minyak (BBM) yang terbuka seperti pada sepeda motor sport ternyata ada “ruginya.” Hal itu karena posisi tutup tangki yang lebih terbuka dibandingkan dengan motor bebek atau skutik. Akibatnya, debu mudah menempel di sekitar tutup tangki. Bahkan jika karet atau sil tutup tangki sudah aus, kotoran mudah masuk ke tangki. Berikut tips membersihkan tutup tangki seperti dikutip dari otomotifnet.com:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

  • – Jika debu tebal, kucuran bensin ke karburator jadi kotor dan gampang ngadat. Buka baut dudukan tangki dan angkat dari sasis. Setelah diangkat, kuras bensin
  • – Setelah bensin dikeluarkan, buka dudukan keran bensin yang ada di bawah tangki dan bersihkan tangki dengan kawat atau sikat. Kemudian bilas menggunakan air hingga debu hilang.
  • – Keringkan tangki dengan lap bersih. Untuk bagian dalam tangki gunakan obeng panjang yang ujungnya dibalut lap bersih dan kering, sehingga lebih bersih.

Selamat mencoba.

Ekspedisi Mudik 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya