Janda Bolong Ditawarkan hingga Ratusan Juta Rupiah, Apa Keistimewaannya?
Tanaman Janda bolong ditawarkan hingga ratusan juta rupiah (istimewa/urbanasia.com)

Solopos.com, SOLO – Tanaman hias bernama latin Monstera Adansonii Variegata atau yang biasa disebut janda bolong ini saat ini tengah menjadi perbincangan. Hal ini karea satu pot tanaman yang tengah menjadi primadona selama pandemi ini bisa dijual hingga ratusan juta rupiah.

Lantas, apa yang membuat tanaman ini memiliki harga jual yang fantastis? Berikut keistimewaan tanaman hias janda bolong seperti dilansir dari suara.com Sabtu (26/9/2020).

1. Daunnya yang mahal

Ciri khas janda bolong adalah lubang-lubang yang terdapat pada helai daunnya yang menjari. Para peneliti berspekulasi bahwa lubang-lubang tersebut terbentuk karena monster mengalami preforasi (proses pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens. Lubang itu pula yang membuatnya dinamai janda bolong. Pada daunnya, janda bolong menaruh kemilau yang tampak mewah.

Pesona Batik Nusantara Akan Tersaji Di Layar Virtual Solo Batik Fashion 2020

2. Investasi Menggiurkan

Melihat tren yang tengah diminati saat ini dan harganya yang terus melonjak, mengoleksi Monstera bisa menjadi salah satu investasi. Apalagi, jika Anda tertarik membudidayakannya. Apalagi, kini janda bolong kian langka di pasaran, sementara peminatnya terus bertambah.

3. Memperbaiki kualitas udara

Dari hasil penelitian ternyata tanaman janda bolong dapat memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Konon, tanaman ini juga dikenal mampu mendatangkan suasana kesejukan hutan hujan tropis ke dalam ruangan.

Bahkan, tanaman ini juga memiliki otot yang disebut sebagai geniculum, berada di persimpangan antara helai dan tangkai daun. Otot tersebut yang membuat tanaman ini bisa mencari letak cahaya matahari.

Jangan Pakai Kekerasan, Ini Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Berbohong

4. Dapat dibudidayakan dengan mudah

Bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan atau memperbanyak monstera akan terbilang cukup mudah. Pasalnya membudidayakan tanaman hias ini bisa dilakukan dengan teknik vegetatif sederhana, yakni stek batang. Batang monstera yang mengeluarkan akar-akar gantung mampu memproduksi akar sejati.

5. Tahan serangan hama dan penyakit tumbuhan

Monstera adalah salah satu tanaman hias yang relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun bukan berarti hal ini menyebabkan Anda lengah dan tidak melakukan pemupukan berkala untuk merawatnya. Pemupukan dengan pupuk majemuk dapat dilakukan minimal satu bulan sekali.

6. Simbol kesejahteraan

Sebagai tanaman rambat yang dapat tumbuh pesat secara vertikal, tanaman ini juga dapat “menumpang” dengan mudah pada pohon atau medium lain. Alasan inilah yang membuat janda bolong dipercaya sebagai simbol kesejahteraan, kemakmuran, dan umur panjang oleh masyarakat Tiongkok.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom