SOLOPOS.COM - Jamur Lingzhi (smoochilollike.blogspot.com)

Jamur Lingzhi (smoochilollike.blogspot.com)

Pada masa kini jamur semakin dicari. Sebelumnya, jamur naik daun sebagai bahan makanan dan minuman. Satu di antaranya jenis lingzhi yang memiliki khasiat meningkatkan kebugaran tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Dibanding jenis jamur lain seperti tiram dan jamur kuping, jamur lingzhi memang kurang tenar. Tetapi, dalam pengobatan alami, jamur lingzhi mendapat tempat sebagai salah satu jenis herbal yang dicari. ”Produk olahannya bervariasi, dari jamur kering, sirup, teh seduh, sampai dibuat kapsul,” terang pemasar produk jamur lingzhi, Widihastanto, di Mlati, Sleman, Senin (10/12/2012).

 
Catatan produk menyebut, kegunaan olahan lingzhi di antaranya sebagai obat menormalkan tekanan darah tinggi, menurunkan lemak dan kolesterol, gangguan pernapasan, dan lainnya. Proses konsumsi olahan jamur untuk pengobatan perlu dikosultasikan kepada dokter maupun ahli kesehatan herbal.

 

Disampaikan Widi, jamur dengan nama ilmiah Ganoderma itu memiliki sifat alot dan pahit. Karena itu jamur biasanya diolah menjadi sejenis cairan untuk diminum. Jika sudah usia petik, jamur berwarna merah hitam sedangkan yang muda berwarna merah jingga.
Pengonsumsi jamur lingzhi, Makutanto, mengatakan lingzhi dikonsumsi sebagai suplemen guna menjaga sistem kekebalan tubuh. ”Saya coba-coba saja, setelah sepekan minum seduhan lingzhi kering bada tidak mudah lelah dan lebih enteng,” jelasnya.

 

Dikatakannya, khasiat jamur lingzhi tersebut disebabkan kandungan senyawa yang melawan bakteri berbahaya serta virus. Dengan demikian tubuh terjaga dan kondisinya prima. Selain untuk pengobatan penyakit, lingzhi dapat digunakan untuk menenangkan saraf, mengurangi stres, dan menyembuhkan insomnia. Wikipedia mencatat, lingzhi mengandung nutrisi berupa karbohidrat, protein, lemak, abu, dan air. Kandungan mineral yang dimiliki diantaranya fosfor, kalium, magnesium, kalsium, dan natrium.

 

Beberapa penyakit yang bisa diatasi lingzhi di antaranya diabetes, hipertensi, hepatitis. Manfaatnya berguna juga untuk perlindungan kesehatan liver, ginjal, wasir, dan sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya