SOLOPOS.COM - Jamur (Thinkstock)

Jamur (Thinkstock)

JAKARTA–Jamur diketahui kaya nutrisi. Karena manfaat nutrisinya, jamur sering dikonsumsi oleh selebriti seperti Katy Perry dan Roxanne Pallett untuk membantu turunkan berat badan.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Apa saja manfaat hebat dari jamur?

Banyak makan jamur rupanya punya manfaat hebat bagi tubuh. Bahkan menu jamur mentah jadi santapan sehari-hari selebriti. Diet tinggi jamur ini diketahui bisa menurunkan bobot tubuh secara efektif!

Seperti diulas Heat World, Jumat (17/05/2013), sering makan jamur menjanjikan berat badan turun dalam waktu 14 hari saja. Caranya adalah dengan mengganti menu camilan saat makan siang ataupun makan malam dengan menu olahan jamur. Jamur bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mencegah orang ngemil berlebihan.

“Jika kita makan jamur dengan lebih banyak, maka lebih rendah makanan berkalori yang akan dikonsumsi sepanjang hari. Karena nutrisi dan serat jamur bisa meningkatkan fungsi usus dan membuat orang merasa lebih puas,” ungkap ahli nutrisi sekaligus pembawa acara kesehatan di London, Jeannette Jackson.

Seperti dijelaskan Jeanette, jamur memiliki kandungan protein yang tinggi, dengan kalori rendah. “Jamur tak cuma membantu turunkan berat badan, sayuran super ini juga bisa menunjang penampilan karena mengandung vitamin B, zat besi dan seng, yang bisa membuat kulit, rambut dan kuku kuat, sehat dan bersinar,” jelas Jeanette.

Sebagai contoh, tiap 100 g jamur kancing segar mengandung 15 kalori, 2.3 gram protein, 0,5 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, dan 1.2 gram serat. Jamur yang berwarna putih ini juga mengandungC, B, dan D juga mengandung selenium, magnesium, fosfor, dan zinc.

Karena itulah, tak heran jika jamur jadi menu andalan para selebriti. Apalagi jamur cenderung mudah didapat dan harganya terjangkau “Tak diragukan lagi jika jamur memiliki nutrisi penting dan salah satu kelebihannya adalah memiliki indeks glikemik rendah,” jelas Lucy Wyndham-Read, ahli nutrisi Amerika, seperti dimuat Daily Mail, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya