JAMINAN KESEHATAN : TAD Ingin Ribuan Difabel Miskin Bisa Peroleh Jamkes

 Ilustrasi kaum difabel (JIBI/Solopos/Dok.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kaum difabel (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KLATEN–Tim Advokasi Difabel (TAD) Klaten mengapresiasi kepedulian Pemkab untuk mendaftarkan 200 orang difabel miskin yang belum mendapat jaminan kesehatan. Mereka berharap ribuan difabel miskin yang belum memiliki jaminan kesehatan bisa difasilitasi secara bertahap.

“Kami berterima kasih pada Pemkab yang telah mengupayakan pendaftaran difabel miskin dalam BPJS [Badan Penyelenggara Jaminan Sosial] Kesehatan, walaupun jumlahnya masih sedikit. Kami berharap difabel miskin yang belum memiliki jaminan kesehatan bisa difasilitasi untuk mendapat layanan itu,” kata Wakil Ketua TAD Klaten, Suhardi Wiyanto, saat dihubungi solopos.com, Minggu (2/2/2014).

Ia berharap ribuan difabel yang belum mendapat jaminan kesehatan bisa didaftarkan dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pendaftaran tersebut bisa dilakukan secara bertahap saat ada kuota tambahan. Sebab, menurutnya, masih banyak difabel miskin yang tidak memiliki mata pencaharian.

“Dari data yang kami miliki, total difabel di Kabupaten Klaten ada 14.000 orang. Dari jumlah itu, 9.000 orang diantaranya merupakan difabel miskin. Sekitar 50% dari 9.000 orang difabel itu tidak memiliki pekerjaan karena mereka tidak bisa berkarya. Sedangkan lainnya bekerja di sektor nonformal,” tuturnya.

Semmentara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten, Slamet Widodo, mengatakan dari data di dinas, jumlah difabel yang miskin di Klaten ada sekitar 7.000 orang. Menurutnya, alokasi 200 orang difabel yang akan dimasukkan dalam program JKN dianggap masih sedikit. Ia pun berharap semua difabel miskin yang belum memiliki jaminan kesehatan bisa dimasukkan dalam program kesehatan tersebut.

“Saya sudah mendapat informasi dari Dinas Kesehatan kalau ada rencana mendaftarkan difabel miskin untuk mendapat jaminan kesehatan. Tapi, jumlahnya sekitar 200 orang. Memang, itu masih sedikit dibanding 7.000 orang difabel miskin di Klaten. Kami berharap mereka yang belum memiliki jaminan kesehatan bisa dimasukkan dalam BPJS secara bertahap,” katanya saat dijumpai solopos.com di Pemkab Klaten, akhir pekan lalu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Noah Rilis Remake Video Klip Menghapus Jejakmu, Trending di Youtube

Warganet  juga menuliskan komentar positif atas munculnya remake video klip Noah Menghapus Jejakmu ini.

Misteri Watu Sigong Mranggen Klaten, Kumpulan Batu Kuno Mirip Gamelan

Di kawasan Dukuh Kroman, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten, ada kumpulan batu kuno dan bentuknya menyerupai perangkat gamelan.

Ini Startegi Pemkab Ponorogo Atasi Masalah Sampah

Pemerintah Kabupaten Ponorogo membangun TPS 3R untuk mengatasi permasalahan sampah di wilayahnya.

Kisah Bandeng Juwana Elrina yang Tetap Eksis Selama 41 Tahun

Kisah inspiratif kali ini hadir dari bisnis kuliner Bandeng Juwana Elrina di Kota Semarang yang mampu menjaga eksistensi selama 41 tahun.

Jangan Panik! Lakukan Ini Saat Rumah Kebanjiran

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat rumah tiba-tiba kebanjiran.

+ PLUS Rp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Pendapatan bulanan Rp8,1 triliun bisa dicapai dari servis telinga alias penyedia layanan musik streaming.

Perubahan Warna Pelat Nomor Kendaraan Berlaku Tahun Ini

Yusri menyatakan bahwa warna perubahan pelat dilakukan sesuai dengan Peraturan Kepolisian Nomor 07/2021.

Termasuk Jl Ir Soekarno, Ini 5 Jalan di Klaten yang bakal Ditingkatkan

Kelima proyek peningkatan jalan di Klaten itu yakni ruas Jalan Ir Soekarno, ruas Panggang-Balerante, Pasar Kembang-Jatirajek, lingkar Kepanjen Delanggu, serta Pakisan-Nanggulan.

Banjir di Laweyan Solo Meluas, Air Sempat Masuk ke Pasar Jongke

Pasar Jongke, Laweyan, Solo, sempat kemasukan air banjir akibat luapan Kali Jenes saat hujan deras melanda Kota Bengawan, Jumat malam.

Penyanyi Meat Loaf Meninggal Dunia, Ini Profilnya

Sebelum meninggal dunia, Meat Loaf berhasil menorehkan sejumlah prestasi antara lain menjual 100 juta album di seluruh dunia dan juga muncul di sejumlah film.

HUT ke-33, FIF Group bakal Tanam 33.000 Pohon Sepanjang 2022

FIF Group berkolaborasi yang berada pada jangkauan network perusahaan di 235 cabang seluruh Indonesia untuk penanaman 33.000 pohon.

Kariernya Makin Moncer, Inilah Pesona Stephanie Poetri Anak Titi DJ

Sebagai penyanyi pendatang baru, Stephanie Poetri sukses mencuri perhatian.

Jalan Solo Jadi Lokasi Balap Liar, Polres Sleman Tempatkan Personel

Aksi balap liar di Jalan Solo, Depok, Sleman viral di media sosial. Polres Sleman melakukan antisipasi dengan menempatkan anggota untuk berjaga di wilayah rawan balap liar.

Masjid Al Ukhuwwah RSU Islam Boyolali Punya Menara Tinggi 36 Meter

RSU Islam Boyolali tak hanya meresmikan masjid, tapi juga menyantuni enam musala yang ada di sekitar rumah sakit.

Menkes Kantongi Identitas Penyuntik Vaksinasi Kosong untuk Siswa SD

Sebelumnya, beredar video viral saat seorang siswa SD di Sumatra utara mendapatkan suntikan vaksin kosong, yang terekam oleh orang tua murid.

Ini Dua Mobil Wuling Terlaris Penjualannya di Indonesia

Ada dua mobil Wuling yang paling laris, sehingga mendongkrak kinerja produsen mobil asal China tersebut.