SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google image)

Mulai 1 Juni 2016 pemkab sudah membantu iuran untuk perangkat desa dan keluarganya.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul,  memberikan bantuan iuran jaminan kesehatan kepada perangkat desa mulai 1 Juni 2016, namun baru sebagian kecil perangkat yang mendaftarkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Gunung Kidul Siswanto di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan mulai 1 Juni 2016 pemkab sudah membantu iuran untuk perangkat desa dan keluarganya.

“Kami sudah sosialiasasikan kepada perangkat untuk melakukan pengurusan kepesertaan BPJS,” kata Siswanto.

Ia mengatakan kepesertaan perangkat desa tergantung dari niatan masing-masing desa. Meski demikian, pihaknya mengimbau agar perangkat desa segara melakukan pendaftaran. Kepesertaan ini sesuai Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2016 yang dikeluarkan sejak Mei 2016.

“Pembayaran premi dilakukan gabungan antara desa dan pemkab. Kami mengimbau desa yang belum membayar segera merampungkan kewajiban,” kata dia.

Siswanto mengatakan jumlah kepesertaan perangkat mencapai 12.625 orang yang terdiri dari para perangkat dengan satu orang istri dan tiga orang anak. “Untuk kelas kepesertaan diikutkan di kelas dua,” katanya.

Kepala Opersional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Wonosari Syarifatun Kurniaekawati mengungkapkan dari 144 desa saat ini baru ada 50 desa di Gunung Kidul yang mendaftarkan perangkat dan keluarganya. “Sebanyak 94 desa belum mendaftarkan diri,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya hanya sebatas memproses kepesertaan, pencetakan kartu setelah bendahara desa melakukan kewajiban pembayaran iuran sebesar 2 persen dari penghasilan tetap masing-masing perangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya