SOLOPOS.COM - Petugas melayani pasien di RSUD Wates. (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pasien pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di RSUD Wates dapat dirawat di kelas II hingga kelas VIP tanpa tambahan biaya, selama ruang kelas III di rumah sakit tersebut penuh.

Hal ini menjadi inovasi RSUD Wates yang menerapkan pelayanan rawat inap tanpa kelas bagi keluarga miskin di Kulonprogo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati, mengungkapkan, inovasi pelayanan di RSUD Wates ini justru menangkis anggapan orang bahwa pasien BPJS dianaktirikan.

Kenyataannya, pasien BPJS menjadi prioritas utama karena RSUD Wates mengedepankan keluarga miskin.

Menurut dia, RSUD Wates akan menggratiskan keseluruhan biaya rawat inap bagi pasien pemegang BPJS yang tidak dirawat di ruang kelas III atas inisiatif pihak rumah sakit.

“Jadi kalau ada pasien BPJS kelas III dan kehabisan ruangan, rumah sakit akan memindahkan ke ruang kelas II hingga VIP, intinya yang utama adalah penanganan bagi pasien terlebih dulu tanpa memikirkan perbedaan kelas,” jelasnya saat jumpa wartawan memeringati HUT ke-31 RSUD Wates, Rabu (26/2/2014).

Ia menuturkan, rumah sakit tidak akan menarik bayaran selama pemindahan kelas pasien dilakukan rumah sakit, akan tetapi jika atas permintaan pasien tetap akan diminta tambahan biaya sesuai dengan tarif yang berlaku dan BPJS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya