SOLOPOS.COM - ilustrasi pelelangan ikan hasil tangkapan. (JIBI/dok)

Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Cilacap secara rutin memantau sarana pengawetan ikan di tempat pelelangan ikan.

Kanalsemarang.com, CILACAP-Kondisi sarana pengawetan ikan di kapal maupun tempat pelelangan ikan rutin dipantau untuk menjamin kesehatan konsumen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pantauan tersebut menjadi kewenangan Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Cilacap yang merupakan unit pelaksana teknis dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pengelola Sumber Daya Kawasan Segara Anakan Kabupaten Cilacap Supriyanto di Cilacap, Jateng, Jumat (30/10/2015).

Dalam hal ini, kata dia, LPPMHP mengambil sampel ikan dari sarana pengawetan di TPI maupun kapal-kapal nelayan guna dilakukan uji laboratorium.

Kendati merupakan kewenangan LPPMHP, dia mengatakan bahwa pihaknya bersama Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinperindagkop dan UMKM) Cilacap ikut memantau kondisi sarana pengawetan ikan tersebut.

“Jadi, cara budi daya yang baik, cara pengolahan yang baik, itu menjadi bagian dari tugas kami dalam rangka mendorong produktivitas dan bisa bersaing di pasar,” katanya.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan pantauan, sejauh ini belum pernah ada keluhan terkait kualitas ikan yang diawetkan.

“Biasanya hasil pantauan dari LPPMHP dilaporkan kepada kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya