SOLOPOS.COM - Ketua panitia kegiatan Jambore Pasraman Nasional Ke-4, Ida Bagus Gede Subawa. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Jambore Pasraman ke-4 digelar di Jogja

Harianjogja.com, SLEMAN-Ketua panitia kegiatan Jambore Pasraman Nasional Ke-4, Ida Bagus Gede Subawa mengatakan kegiatan ini bertujuan membangun jiwa generasi muda yang berkarakter.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Jampasnas mengambil tema sebagai wahana meningkatkan patriotisme bangsa, kerukunan dan pengalaman ajaran agama. Langkah ini diharapkan menjadi satu jalan yang luar biasa untuk membangun generasi muda memiliku intelejensi, budaya dan diharapkan bisa membawa generasi muda Hindu mencapai generasi emas.

Ekspedisi Mudik 2024

Secara khusus ia menyebut, target dari kegiatan ini adalah seorang anak bisa memiliki pengalaman, menjadi sarana untuk membangun anak muda Hindu menjadi anak yang terampil, kreatif, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, memiliki tanggung jawab dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Kami ingin mereka belajar hidup bersama, menghargai perbedaan dan mulai harus bisa bekerja sama,” kata dia, di Sheraton Mustika.

Dalam kegiatan yang digelar sejak Senin (25/7/2016) hingga Jumat (30/7/2016) ini, Parisade Hindu Dharma pusat dan DIY turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, agar semua pihak dapat memahami apa yang diharapkan untuk perbaikan ke depan.

Tidak hanya mendapatkan pembinaan, peserta juga mengikuti lomba di tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Jambore kali ini adalah kegiatan dua tahunan yang digelar oleh Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama (Kemenag) RI.

Adapun lomba yang digelar pada Jampasnas kali ini adalah lomba Mantram Tri Sandhya, Kramaning Sembah, pelafalan doa sehari-hari, dan Cipta lagu kreasi keagamaan Hindu.

Kemudian lomba cipta dan baca puisi keagamaan Hindu, bercerita keagamaan Hindu, berbagi pengalaman hidup dalam keragaman, mengikuti yoga asana setiap pukul 05.00 WIB, serta outbond. Sementara pembinaan meliputi yoga setiap hari, persembahyangan.

Pasraman adalah lembaga pendidikan agama dan non formal yang dilaksanaan oleh umat Hindu di seluruh Indonesia.

Lembaga ini berfungsi mempersiapkan mereka memahami ajaran agama Hindu dengan harapan nilai-nilai tersebut mampu diaplikasikan dalam kehidupan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya