SOLOPOS.COM - foto ilustrasi. (dok/JIBI/Solopos)

Kopma UNS menjadi tuan rumah Jambore Kopma Nasional 2016

Solopos.com, SOLO — Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Kopma Nasional 2016 yang dibuka Kamis (6/10/2016). Kegiatan itu akan berlangsung hingga Minggu (9/10/2016).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Seksi Acara Panitia Jambore Kopma Nasional 2016, Uut Ngesti, mengemukakan ditunjuknya Kopma UNS sebagai tuan rumah Jambore Kopma Nasional tahun ini karena berhasil meraih Juara Umum Jambora Kopma Nasional 2015.

“Tahun lalu Jambore Kopma Nasional digelar di Universitas Bengkulu,” terang dia kepada wartawan, Rabu (5/10/2016).

Uut menjelaskan tema yang diusung dalam Jambore Kopma Nasional kali ini adalah Makarya Agunging Budaya Lumantar Jejeging Saka Guru Bangsa. Tema tersebut mengisyaratkan sebagai pemuda aktivis Kopma harus mampu berkarya dengan kebesaran budaya selaras dengan kokohnya perkoperasian bangsa Indonesia.

Dia menyebutkan jambore tersebut akan diikuti 50 tim dari berbagai kopma di seluruh Indonesia. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan di sejumlah lokasi terpisah, yaitu di Gedung F Seminar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Student Center UNS, dan Taman Balekambang Solo.

Rangkaian kegiatan Jambore Kopma Nasional 2016 di antaranya adalah Seminar Kebudayaan dan Koperasi, Lomba Cerdas Cermat Koperasi, Lomba Kreasi Batik, Lomba Cipta Jingle Koperasi Mahasiswa, Lomba Transformasi Koperasiku, Lomba Duta Koperasi dan Wisata Kota Solo.

Uut menambahkan Jambore Kopma Nasional merupakan salah satu upaya strategis untuk meningkatkan eksistensi koperasi dalam persaingan global dan pengaderan dalam diri mahasiswa agar di kemudian hari dapat menjadi penerus bangsa yang berjiwa koperasi serta dapat menjadi roda penggerak koperasi.

“Salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas pemuda aktivis Kopma sebagai generasi penerus bangsa,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya