SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Akan ada yang berbeda dari jamaah haji Indonesia tahun ini. Jika tahun sebelumnya mereka menggunakan seragam berwarna biru telur asin, maka tahun ini mereka akan mengenakan seragam bercorak batik.

“Kementerian Agama akan melakukan perubahan seragam jamaah haji, dari biru telur asin polos menjadi seragam batik nasional,” Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat dalam jumpa pers di kantornya, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (23/6).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Bahrul, desain dan corak batik akan ditetapkan pada 13 Juli mendatang. Jamaah haji Indonesia akan mengenakan seragam ini mulai dari berangkat Haji hingga ke Makkah, dan hanya ditanggalkan saat mengenakan pakaian ihram untuk melakukan rukun dan wajib haji.

Selain seragam, tahun ini Kementerian Agama dan Kementerian Hukum dan HAM pun memperketat pengawasan dokumen untuk jamaah haji. Penerbitan paspor akan dimulai tanggal 1 Juli 2010 secara serentak di semua daerah.

“Biaya paspor sudah dibebankan pada jamaah haji reguler, sedangkan bagi jamaah haji khusus dibebankan pada yang bersangkutan,” terang Bahrul.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya