Tutup Iklan

Jam Kerja PNS Solo Dimundurkan Lagi, Ini Alasannya

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali mengubah jam masuk dan pulang kerja aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS)

Jam Kerja PNS Solo Dimundurkan Lagi, Ini Alasannya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PNS (Istimewa-Setkab.go.id)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali mengubah jam masuk dan pulang kerja aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS).

Berdasarkan kebijakan baru ini, PNS akan masuk kerja pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 17.00 WIB pada Senin hingga Kamis. Sedangkan Jumat tidak berubah yakni masuk pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 16.30 WIB.

Hal tersebut dilakukan guna mengurangi kemacetan dari dampak proyek penataan koridor Jl. Jendral Sudirman. Sebelumnya, Pemkot sudah mengundurkan jam kerja ASN pada Maret 2018 lalu dengan alasan mengurangi kemacetan saat pembangunan jalan layang Manahan.

Saat itu, jam masuk kerja yang sebelumnya pukul 07.00 WIB dimundurkan menjadi pukul 07.30 WIB. Kabag Humas dan Protokol Setda Solo, Heru Purwoko, mengatakan kebijakan itu berlaku per 1 Februari 2019.

“Jam kerja ASN pada Senin sampai Kamis pukul 08.00 WIB-17.00 WIB, sedangkan pada Jumat tetap sama, mulai jam 07.30 WIB sampai 16.30 WIB. Kebijakan ini telah melalui berbagai pertimbangan,” kata dia dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (31/1/2019).

Dalam Surat Edaran No.800/282 yang ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Untara, bagi organisasi perangkat daerah (OPD) dengan lima hari kerja, jam kerja yang berlaku pada Senin-Kamis pukul 08.00 WIB-17.00 WIB dan Jumat pukul 07.30 WIB-11.00 WIB.

Sedangkan OPD enam hari kerja pada Senin-Kamis pada pukul 08.00 WIB-15.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 WIB-13.30 WIB. “Jam kerja efektif tetap 37,5 jam per pekan,” tulis surat edaran itu.

Selama penyesuaian jam kerja, OPD yang berkantor di Kompleks Balai Kota diminta menggelar apel di kantor masing-masing karena apel bersama ditiadakan. Sedangkan upacara bendera setiap Senin, upacara bendera, upacara tanggal 17, dan upacara hari besar di Balai Kota tetap diadakan.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo, Dwi Ariyatno, mengatakan dengan terbitnya surat edaran itu pemotongan tunjangan kinerja (tukin) bagi ASN yang terlambat tetap berlaku.

“Kalau berangkat dan absen pukul 07.35 WIB ya tidak apa-apa, tapi kalau lebih dari itu tentu dipotong. Begitu pula saat pulang,” kata dia kepada wartawan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK), Purwanti, mengatakan kendati jam kerja ASN dimundurkan, jam pelayanan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas tetap pada aturan lama, seperti biasa yakni mulai pukul 07.30 WIB.

“Nanti kami mohon izin dispensasi, tetap menggunakan jam kerja lama karena kalau pukul 08.00 WIB itu akan dikomplain pasien,” ucapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.