SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MUNGKID — Jalur jalan utama Magelang-Purworejo yang melintasi Dusun Gesing, Desa Krasak, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, jawa Tengah tertutup longsor sehingga arus lalu lintas kendaraan tidak dapat melintas di jalur jalan tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan bencana alam tanah longsor itu terjadi Jumat (18/1/2019) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. “Kejadian longsor dipicu oleh hujan yang terjadi sejak Kamis [17/1/2018] sore dan saat ini di lokasi juga masih gerimis,” katanya.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Ia menuturkan ketinggian material longsor antara 1 m hingga 3 m dan untuk menyingkirkannya diperlukan alat berat. “Kami tengah berkoordinasi dengan Bina Marga provinsi maupun DPU Kabupaten Magelang untuk mengirimkan alat berat ke lokasi longsor,” katanya.

Ia menuturkan agar material longsor dapat cepat disingkirkan dan akses jalan bisa segera dibuka, minimal membutuhkan dua alat berat. “Kalau hanya satu alat berat, akan terlalu lama pengerjaannya, apalagi material longsor bukan hanya tanah tetapi juga pepohonan,” katanya.

Ia menuturkan dengan adanya longsor tersebut akses Magelang-Purworejo tertutup total dan tidak ada jalan alternatif. “Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian agar arus kendaraan yang akan melewati jalur tersebut dialihkan agar tidak terjadi penumpukan arus kendaraan di lokasi longsor,” katanya.

Edy menuturkan akibat hujan pada Kamis sore juga mengakibatkan tanah longsor di Dusun Gejiwan, Desa Krasak, Kecamatan Salaman ada dua titik. Material tanah longsor menutup akses jalan ke Dusun Gejiwan

Ia menyampaikan tanah longsor juga terjadi di Dusun Krambetan, Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jateng mengakibatkan satu rumah terdampak longsor. Selain itu juga terjadi longsor di Dusun Kebonagung Wetan, Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jateng mengakibatkan akses jalan di dusun tersebut tertutup longsoran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya