SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pacitan— Jalur Pacitan-Ponorogo, Jawa Timur, yang sempat terputus karena tertimbun longsor tanah dan batu di Dusun Gupit, Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari, berangsur mulai normal kembali.

Kapolres Pacitan AKBP Wahyono mengatakan, sebagian kendaraan jenis roda dua dan empat kelas niaga kecil sudah diizinkan melintas di jalur tersebut, terhitung mulai pukul 07.00 WIB, Senin (17/5) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk kendaraan besar lainnya, termasuk angkutan umum, sementara masih dialihkan melalui Kecamatan Purwantoro-Wonogiri, Jawa Tengah,” kata Kapolres.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ini, proses evakuasi material longsor masih terus diupayakan oleh pemerintah. Sejumlah peralatan berat bantuan dari Balai Pemeliharaan Jalan (BPJ) Jatim di Pacitan dikerahkan untuk menyingkirkan bongkahan batu besar yang menimpa badan jalan.

Meski dinyatakan mulai normal, kamacetan masih terjadi terutama di ruas jalan raya Pacitan-Ponorogo di Dusun Gupit, Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan.

Hal itu terjadi, lantaran badan jalan yang bisa dilintasi masih terlalu sempit. Kendaraan dari Pacitan menuju Ponorogo ataupun sebaliknya harus bergantian untuk menghindari kecelakaan di titik longsor yang dihimpit tebing dan jurang di bibir Sungai Grindulu tersebut.

“Semoga sore ini seluruh material longsor bisa disingkirkan, sehingga arus lalu-lintas jurusan Pacitan-Ponorogo sepenuhnya normal kembali,” ucapnya berharap.

Sejak Minggu sore (16/5), sekitar pukul 14.00 WIB, longsor yang terjadi di ruas jalan raya di Dusun Gupit, Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari sempat membuat jalur Pacitan-Ponorogo, lumpuh.

Arus lalu-lintas dari manapun menuju Ponorogo praktis macet total, akibat guguran batu besar seukuran truk tronton yang menimpa badan jalan.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya