SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Balai Taman Nasional Gunung Merbabu di Jawa Tengah menutup sementara jalur pendakian di gunung tersebut selama satu bulan mulai 20 Mei sampai 20 Juni untuk memperbaiki jalur serta memulihkan ekosistem kawasan.

Pelaksana Harian Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Johan Setiawan ketika dihubungi Kantor Berita Antara dari Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/5/2019), mengatakan aspek keselamatan pendaki menjadi pertimbangan utama dalam kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalur pendakian. Menurut dia, kondisi sejumlah jalur pendakian Merbabu saat ini dinilai membahayakan bagi pengunjung taman nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan jalur Selo rusak parah dan sering menimbulkan korban. “Ini terlihat dari banyaknya evakuasi terhadap pendaki yang melalui jalur ini.”

Sementara itu, jalur Thekelan saat ini tertimbun longsoran sehingga harus dibuatkan jalur baru, jalur Suwanting mengalami longsor sepanjang 10 m di tepi jurang dengan kedalaman tiga hingga empat meter, dan di jalur Wekas ada longsoran batu yang membahayakan pendaki.

Johan mengatakan proses perbaikan jalur-jalur pendakian itu membutuhkan waktu dan tenaga. “Kebetulan dekat dengan Lebaran sehingga sulit mencari tenaga untuk melakukan perbaikan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya