SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI—Setelah ditutup selama 17 hari akibat cuaca ekstrem, jalur pendakian ke Gunung Merbabu kembali dibuka mulai Rabu (16/1/2019) hari ini.

Pembukaan jalur tersebut tertuang dalam Surat Edaran Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu Nomor 34/T.35/TU/EVLAP/2019 tertanggal 15 Januari 2019 dan ditandatangani Kepala BTNG Merbabu Edy Sutiyarto. Edy mengatakan pembukaan jalur pendakian dilakukan antara lain setelah memperhatikan kondisi cuaca di jalur tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Memperhatikan cuaca di jalur pendakian Gunung Merbabu saat ini dan berdasarkan pantauan cuaca dari situs BMKG [Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika] maka semua jalur pendakian TNG Merbabu dibuka terhitung mulai tanggal 16 Januari 2019,” ujar Edy saat dimintai konfirmasi Selasa (15/1/2019).

Meski demikian, Edy berpesan agar semua pendaki tetap mempersiapkan peralatan yang dibawa, kondisi jasmani, dan rohani agar tetap fit. Selain itu, pendaki juga harus mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem saat mendaki serta mematuhi segala peraturan yang berlaku. “Termasuk SOP [standard operating procedure] pendakian di jalur pendakian di TNG Merbabu,” imbuhnya.

Di sisi lain pihaknya mengimbau agar seluruh pegawai BTNG Merbabu dan semua mitra pengelola pendakian agar menyosialisasikan SE tersebut. Sebelumnya diberitakan, cuaca buruk melanda kawasan puncak Gunung Merbabu sejak Sabtu (29/12/2018). BTNG Merbabu menyatakan pendakian ke gunung tersebut ditutup sejak Minggu (30/12/2018). Sementara itu, akibat cuaca buruk di puncak gunung pada hari itu 5 pendaki dievakuasi karena mengalami hipotermia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya