Kendaraan pemudik dengan barang di atas atap mobil melintas di jalur jalan Demak-Kudus, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, DEMAK — Arus lalu lintas di sepanjang jalur jalan pantai utara (pantura) timur Pulau Jawa yang meliputi wilayah Demak dan Kudus, Jawa Tengah, pada H-5 Lebaran, Jumat (31/5/2019), sangat lancar. Belum tampak adanya kepadatan arus lalu lintas, terutama pemudik yang berasal dari luar daerah.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Antara, Jumat, arus lalu lintas baik dari arah Surabaya maupun Jakarta yang melintasi jalur jalan pantura Demak-Kudus sangat lancar. Apalagi, di sepanjang perjalanan dari Kudus ke Demak, tidak terlihat kendaraan bersumbu yang biasanya menjadi salah satu penyebab terjadinya kepadatan arus lalu lintas.

Kepadatan arus lalu lintas, terlihat di tempat-tempat yang dijadikan untuk berbalik arah karena Jalan Demak-Semarang dilengkapi median jalan sehingga menimbulkan antrean. Akan tetapi, secara umum jalur mudik Kudus-Demak lancar.

Kendaraan di sepanjang Jalan Kudus-Demak masih didominasi warga lokal, sedangkan pemudik yang ditandai dengan membawa barang bawaan di atas atap kendaraan dan pelat nomor luar kota hanya berkisar 10-an kendaraan. Pemudik sepeda motor juga hanya terlihat tiga kendaraan yang melintas secara rombongan.

"Belum ramainya pemudik, dimungkinkan karena banyak pemudik yang memilih jalur tol," kata Kasat Lantas Polres Demak Eko Rubiyanto di Demak, Jumat.

Kalaupun banyak pemudik yang melintas, kata dia, merupakan pemudik lokal dari kabupaten sekitar, seperti Demak, Pati maupun Jepara. Ia mengingatkan pemudik untuk istirahat ketika mengalami kelelahan karena di jalur mudik tersedia pos pengamanan mudik Lebaran.

"Jagalah kesehatan dan sebelum perjalanan pastikan kendaraan sudah siap menempuh perjalanan jauh," ujarnya.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Ikrar Potawari menambahkan belum banyaknya pemudik yang melintas karena saat ini banyak yang belum mudik. Bahkan, lanjut dia, Sabtu (1/6/2019), masih kegiatan upacara Hari Lahir Pancasila sehingga masih ada yang belum mudik. "Puncak arus mudik, dimungkinkan akhir pekan ini," ujarnya.

Untuk antisipasi kepadatan arus lalu lintas, sudah disiapkan personel yang akan bertugas secara mobile, terutama di titik rawan kemacetan. Hingga Jumat, masih terlihat aktivitas kerja di sejumlah perusahaan yang berada di Jalur Pantura Demak-Kudus masih ada aktivitas kerja yang dimungkinkan hari terakhir masuk kerja sebelum libur Lebaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten