SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menelusuri jalur Malioboro dengan sepeda, Rabu (14/6/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Wirawan Hario Yudo menyatakan pihaknya sudah mulai melakukan rekayasa lalu lintas

Harianjogja.com, JOGJA– Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Wirawan Hario Yudo menyatakan pihaknya sudah mulai melakukan rekayasa lalu lintas sejak beberapa hari lalu untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jelang libur lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Upaya itu di antaranya pemasangan water barier di Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Senopati, Jalan Abu Bakar Ali, dan Jalan Mataram.

Jalan Suryatmajan yang tadinya searah ke timur, mulai saat ini sampai H+10 lebar bisa digunakan dua arah. Namun, hanya sampai lokasi parkir eks kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

Dinas Perhubungan juga sudah memasang petunjuk arah jalu alternatif di jalur masuk Kota Jogja supaya kendaraan tidak menumpuk di dalam kota. “Supaya yang tidak berkepentingan ke dalam kota bisa langsung ambil jalur lain,” kata Wirawan.

Pengaturan traffic light juga akan dilakukan secara situasional melalui pantauan area traffic control system (ATCS). Saat keadaan padat, maka lampu merah ke arah Jogja akan diperlambat dan lampu hijaunya dipercepat. Sebaliknya arah keluar Jogja lampu hijau yang diperlambat dan lampu merah dipercepat.

Wirawan menambahkan, beberapa kantong parkir sudah disediakan. Selain parkir tempat khusus parkir (TKP) dan parkir tepi jalan umum (TJU), pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak swasta menyediakan lahan parkir untuk menampung kendaraan wisatawan saat libur lebaran.

“Ada beberapa kantong parkir yang dikelola swasta kita kerjasama,” tandas Wirawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya