SOLOPOS.COM - Petugas Polsek Dlingo bersama relawan memasang rambu darurat di salah satu titik Jalur Cinomati, Selasa (20/6/2017). (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Jalan Cinomati yang menghubungkan antara Desa Wonolelo (Pleret) dan Desa Terong (Dlingo) ditambah rambu-rambu darurat

 
Harianjogja.com, BANTUL–Kendati tak direkomendasikan sebagai jalur mudik dan wisata saat liburan Lebaran, Jalan Cinomati yang menghubungkan antara Desa Wonolelo (Pleret) dan Desa Terong (Dlingo) tetap dipersiapkan. Salah satunya adalah terkait dengan rambu-rambu darurat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga : JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Cinomati, Tak Seseram Namanya
Sebanyak tiga rambu tambahan dipasang di tiga titik yang berbeda sepanjang jalur tersebut. Pemasangan rambu peringatan itu dilakukan oleh pihak Polsek Dlingo bekerjasama dengan relawan, baik dari Desa Wonolelo maupun Desa Terong, Selasa (20/6/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Diakui Kapolsek Dlingo AKP Sarjono, jalur sepanjang kurang lebih dua kilometer itu memang tidak direkomendasikan sebagai jalur umum untuk mudik dan wisata. Meski begitu, bukan tidak mungkin, saat Lebaran nanti, masih banyak pengendara yang akan melintas di jalur tersebut.

Mengingat betapa rawannya jalur itu terhadap kecelakaan lalu lintas, pihaknya pun berinisiatif menambah jumlah rambu-rambu darurat. Rambu-rambu itu berisikan himbauan kepada pengendara kendaraan bermotor untuk menggunakan gigi satu saat melalui tanjakan.

Memang di beberapa titik, tanjakan mencapai kemiringan hingga 30 derajat. “Pengendara harus selalu berkonsentrasi. Jangan sampai salah pakai perseneling,” ucapnya saat ditemui di sela-sela pemasangan rambu tersebut.

Dengan penambahan rambu itu, di sepanjang jalur yang diaspal halus sejak 2008 silam itu hingga kini sudah terpasang setidaknya 10 rambu serupa. “Kami berharap bisa memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan Cinomati ini,” tegasnya.

Selain di jalur Cinomati, tambah Sarjono, pemasangan rambu juga dilakukan di sekitar kawasan Mangunan, Kecamatan Dlingo. Pemasangan rambu dilakukannya di tiga titik, sepanjang Mangunan-Dlingo via Kaliurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya