SOLOPOS.COM - Kapolsek Jebres Kompol Juliana bersama petugas PT KAI di Stasiun Jebres mengecek rel KA Palur-Solo Balapan, Selasa (13/6/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Polisi memeriksa rel KA dari Palur ke Solo Balapan yang menjadi jalur mudik Lebaran menggunakan KA.

Solopos.com, SOLO — Anggota Polsek Jebres, Solo, menyisir jalur kereta api (KA) dari Palur hihngga Solo Balapan sepanjang 1,5 km, Selasa (13/6/2017). Pengecekan tersebut untuk memastikan keamanan jalur tersebut dan mengantisipasi kecelakaan kereta api selama arus mudik dan balik Lebaran.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolsek Jebres Kompol Juliana mewakili Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo mengatakan mendekati H-12 Lebaran jalur kereta api sudah mulai padat. Puncak arus mudik menggunakan kereta api diprediksi terjadi pada H-2 Lebaran atau 23 Juni.

“Kami menyebar puluhan anggota di jalur KA Palur-Solo Balapan sepanjang 1,5 km untuk mengecek kondisi rel KA,” ujar Juliana kepada wartawan di Stasiun Jebres, Selasa.

Juliana menjelaskan pengecekan tersebut di antaranya melihat kondisi bantalan rel KA, baut, wesel rel, dan pen roll. Pengecekan di jalur Palur-Solo Balapan karena sering dilewati KA dari jurusan Surabaya-Semarang dan Solo-Semarang.

“Hasil pengecekan kondisi rel di jalur tersebut masih layak digunakan meskipun ada temuan bantalan rel yang rapuh. Kami akan terus melakukan pengecekan rel KA di wilayah Jebres terutama pada H-7 Lebaran dan H+7 Lebaran,” kata dia.

Polsek Jebres pada Lebaran tahun ini menerjunkan delapan personel untuk pengamanan Lebaran di wilayah Jebres. Petugas pengamanan disebar di Stasiun Jebres, palang KA, dan tempat wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

“Kami akan melakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup selama Lebaran nanti. Warga yang mendapati kasus kejahatan segera melaporkannya ke polisi,” kata dia.

Kepala Stasiun Jebres Wagimin mengatakan Stasiun Jebres bukan stasiun pemberangkatan penumpang tetapi hanya stasiun perlintasan. KA yang melintas di Stasiun Jebres tujuannya banyak ke selatan seperti Solo-Semarang-Cirebon.

“Kami memprediksi ada peningkatan jumlah kereta yang melintas di Stasiun Jebres pada Lebaran tahun ini. PT KAI tahun ini menambah enam kereta baru untuk arus mudik dan balik Lebaran,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya