Jalur Mudik di Sleman Minim Lampu Penerangan
ilustrasi
ilustrasi

SLEMAN—Sejumlah jalur utama mudik Lebaran di wilayah Sleman minim fasilitas penerangan jalan umum (PJU). Beberapa PJU rusak akan diperbaiki seadanya karena keterbatasan anggaran Pemkab Sleman.

Kasi Pengelolan Penerangan Jalan Dishubkominfo Sleman, Widada Yulisetyadi memaparkan, jumlah PJU di Sleman mencapai 10.000 titik. Sedangkan yang berada di jalur utama baik itu jalan provinsi dan jalan negara sebanyak 3.000 titik. Jalan ini biasanya dijadikan jalur utama arus mudik.

“Di jalur itu ada 600 titik PJU yang rusak. Salah satu jalur yang terlihat adalah di daerah Pelemgurih sampai Maguwoharjo ada sekitar 22 titik yang lampunya hilang atau rusak berat,” kata Widada di kantor Dishubkominfo, Selasa (24/7).

Menurut dia, keruskaan PJU dikarenakan faktor usia pemasangan dan kualitas PJU yang kurang baik. Sedang lampu PJU yang hilang diakibatkan kecelakan atau jatuh. Ia mengatakan, untuk biaya pemeliharaan hanya ada dana Rp1,7 miliar.

Dana ini menurut Widada untuk memperbaiki 2.250 titik PJU dan lampu DAM. Sementara hingga pertengah tahun ini dana yang bergulir sudah dipakai untuk memperbaiki 1.050 titik PJU dan lampu DAM.

Widada menargetkan H-7 sebelum Idul Fitri PJU di jalur utama mudik sudah bisa berfungsi. Hal ini agar pemudik yang melintas merasa aman. “Meskipun tidak maksimal, kami akan berusaha sebaik mungkin,” tegasnya.(ali)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho