SOLOPOS.COM - Sidak Rel Kereta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Jalur kereta api ganda di Madiun dikebut pengerjaannya.

Madiunpos.com, KEDIRI – Perbaikan double track atau jalur ganda di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia((KAI) Daops VII Madiun dikebut sebagai upaya perbaikan jalur kereta serta perbaikan kualitas pelayanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat ini jalur Madiun – Walikukun [Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi] dalam proses pengerjaan,” kata Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daop VII Madiun Supriyanto saat dimintai konfirmasi, Jumat (25/3/2016).

Menurut dia, proses pengerjaan jalur ganda yang menghubungkan Madiun-Walikukun itu bisa terselesaikan pada 2016.

Selain di jalur itu, rencana pembangunan jalur ganda lain juga dilakukan di Madiun-Jombang, Jombang-Wonokromo (Surabaya), dan sebagainya.

Ia juga menegaskan pembuatan jalur ganda dipastikan akan lebih banyak berdampak positif.

Pembangunan jalur ganda kereta api itu merupakan bagian dari pelayanan, sebab bisa memperlancar lalu lintas kereta api. Selain itu, dengan jalur ganda bisa mengurangi risiko keterlambatan penumpang.

“Dengan itu (jalur ganda) bisa lebih mempercepat frekuensi kereta api. Nanti yang ke arah Jombang dilakukan pada tahun 2016,” katanya.

Pemerintah pusat memang sudah menyetujui pembangunan jalur ganda kereta api. Rencana pembangunan itu juga atas usulan Gubernur Jatim Soekarwo yang mengusulkan membangun jalur ganda kereta api, tepatnya “jalur tengah” Jatim dari Surabaya sampai Madiun.

Kementerian Perhubungan telah menganggarkan untuk pembangunan jalur ganda tersebut sebesar Rp1,25 triliun.

Anggaran tersebut diantaranya untuk membangun jalur ganda kereta api lintas selatan Jawa antara Madiun-Kedungbanteng sebesar Rp75,54 miliar, Jombang-Wonokromo Rp15 miliar, dan Jombang-Madiun sebesar Rp590,77 miliar.

Targetnya, pada 2018 atau 2019, seluruh jalur tersebut dapat beroperasi.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan pembangunan jalur ganda itu sangat penting dan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat serta kemajuan ekonomi Indonesia, khususnya wilayah Jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya