SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Pekerjaan peningkatan jalur kereta api (KA) lintas Solo – Wonogiri dapat mempercepat waktu tempuh KA.  Jenis rel bisa digunakan Kereta rel diesel (KRD) atau kereta konvensional.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan III Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang (BTP Semarang) Albertus Dito menjelaskan jalur lintas KA Solo-Wonogiri terkini menggunakan jenis rel R33 dan R42.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Jalur lintas KA Solo-Wonogiri hanya dilintasi railbus atau bus rel Batara Kresna sejauh ini. Waktu tempuhnya 1 jam 45 menit dari Stasiun Purwosari sampai Stasiun Wonogiri atau sebaliknya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Posisi sekarang itu rel masih kecil, harapannya menjadi R54. Otomatis kelas jalannya naik. Otomatis dapat mengurangi waktu tempuh 1 jam 45 menit. Akan mengurangi waktu tempuh dengan peningkatan kecepatan di beberapa lintas,” kata dia, Kamis (2/2/2023) petang.

Menurut dia, jalur lintas KA Solo-Wonogiri  ke depannya bisa digunakan KRD seperti KA Bandara Internasional Adisoemarmo. Pengembangan layanan KA di Jalur lintas KA Solo-Wonogiri merupakan kewenangan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api.

Dito menjelaskan tahapan terkini Pembangunan dan peningkatan jalur KA lintas Solo-Wonogiri sampai lelang. Dito belum bisa menyampaikan berapa total biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan dan peningkatan jalur KA lintas Solo-Wonogiri.

Selain pembangunan dan peningkatan jalur lintas KA, lanjut Dito, pembangunan termasuk pembangunan sejumlah titik pintu perlintasan sebidang. Usulan itu dari Dinas Perhubungan Sukoharjo dan rekomendasi dari Direktorat Keselamatan Perkeretaapian.

“Nanti rencana ada pembangunan pintu perlintasan. Jadi ada permohonan Dishub Sukoharjo untuk peningkatan keselamatan perlintasan sebidang empat lokasi,” papar dia.

Dito tidak hafal titik-titiknya. Sementara, kata dia, Direktorat Keselamatan Perkeretaapian mengusulkan pintu perlintasan sebidang di sejumlah lokasi di Wonogiri.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang Putu Sumarjaya mengatakan area rawan pada jalur lintas KA Solo-Wonogiri akan disterilkan. Waktu tempuh KA dari Solo sampai Wonogiri bisa sekitar 40 menit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya